Apa Itu Puasa Skincare? Begini Cara Melakukannya yang Benar!

Bonjour Babys! Pesatnya perkembangan dalam dunia kecantikan seperti skincare, body care, hingga hair care tak dapat dipungkiri lagi. Namiun, meskipun begitu nyatanya terkadang hal tersebut membuat kita terlena dan memakai produk kecantikan secara berlebihan hingga akhirnya membutuhkan puasa skincare.

 

Walau pengalaman puasa skincare pasti berbeda-beda pada setiap orang, namun kegiatan ini punya banyak manfaat loh untuk kesehatan kulit kamu! Penasaran apa itu skin fasting dan cara melakukannya dengan benar? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Apa itu Puasa Skincare

apa itu puasa skincare

Sempat menjadi tren perawatan kulit belum lama ini, skin fasting atau puasa skincare adalah kegiatan ‘puasa’ dalam memakai berbagai produk perawatan kulit untuk sementara waktu. Hal tersebut dipercaya berguna untuk melatih kulit supaya dapat mengoptimalkan fungsi alaminya kembali.

Pemakaian beragam skincare pada waktu bersamaan dan cukup lama berpotensi untuk mengurangi hingga menyebabkan kulit kehilagan fungsi alaminya. Sebagai contoh, ketika menggunakan produk pelembab, kamu seakan-akan memberi perintah atau sinyal pada kulit untuk tidak memproduksi sebum.

Pernyataan tersebut selaras dengan opini dokter kulit Amerika Serikat, Deanne Robinson yang berpendapat bahwa skincare ingridients dapat membuat kulit melakukan tugas selain fungsi alaminya. Maka dari itu, perlu dilakukan puasa skincare.

Baca juga: [REVIEW] Sunscreen Azarine SPF 45 Hydrasoothe Gel, Favorit!

Cara Puasa Skincare yang Benar

cara puasa skincare yang benar

Memang benar puasa skincare adalah melakukan ‘puasa’ penggunaan produk kecantikan, namun bukan berarti kamu benar-benar tidak memakainya sama sekali saat itu juga. Selain itu, ada beberapa produk basic skincare seperti toner, pelembab, dan sunscreen yang sebaiknya tidak kamu lewatkan.

Lalu bagaimana cara puasa skincare yang benar? Pertama-tama, kamu bisa mulai berhenti menggunakan satu produk terlebih dulu secara bertahap. Lakukan hal tersebut hingga kamu hanya punya sunscreen dalam daftar produk kecantikan kamu.

Bagi kamu pemilik kulit kering, skin fasting bisa saja akan membuat kulit semakin kering, maka dari itu kamu harus pastikan asupan air harianmu sudah cukup. Namun, dari pengalamanku pribadi, aku hanya melakukan skin fasting hingga tersisa produk basic skincare saja.

Jika kamu melakukan puasa skincare karena ingin memperbaiki skin barier, dr. Yesica Tania selaku dokter estetika, idealnya kamu bisa melakukan kegiatan ini selama 2 hingga 4 minggu.

Apakah Perlu Puasa Skincare?

puasa skincare saat berjerawat

Dilansir dari Herstory, menurut dr. Yessica Tania ada beberapa kondisi kulit yang membutuhkan dan disarankan melakukan skin fasting, diantaranya:

  1. Saat kulit menjadi sensitif karena suatu produk

Kandunan aktif seperti retinol atau acids lainnya memang sangat bermanfaat untuk kulit, namun jika digunakan secara berlebih malah akan menimbulkan dampak buruk. Ketika kamu merasa kulit menjadi lebih sensitif dari biasanya, kamu bisa mencoba skin fasting untuk menetralkannya.

  1. Saat ingin mencoba Skincare Baru

Sudah menjadi hal lumrah bahwa ketika kita ingin mencoba suatu produk skincare baru, kulit perlu waktu beradaptasi terlebih dulu. Nah, proses adaptasi tersebut juga bisa menjadi lebih optimal ketika kamu menyiapkan kulit terlebih dulu dengan cara skin fasting.

  1. Puasa skincare saat berjerawat

Kulit berjerawat adalah salah satu tanda bahwa ada yang ‘tidak beres’ pada skincare routine kamu. Maka dari itu, kamu bisa memberikan waktu kulit untuk tenang dan bernapas melalui skin fasting.

Manfaat Puasa Skincare

Manfaat Puasa Skincare

Setelah mengetahui apa itu skin fasting dan cara melakukannya dengan benar, sebenarnya kita bisa menarik kesimpulan bahwa manfaat puasa skincare adalah untuk mencegah ataupun mengurangi iritasi yang berpotensi terjadi pada kulit.

Selain itu, seperti yang telah disinggung diawal, puasa skincare juga bermanfaat untuk mengembalikan kulit bekerja sebagaimana fungsi alaminya tanpa ada bantuan bahan-bahan produk kecantikan apapun.

Nah, dari pengalaman puasa skincare pribadi, kamu bisa menyesuaikan produk apa saja yang akan kamu hentikan pemaiakaiannya sebagai ‘test’. Steelah menemukan jawabannya, disitu kamu dapat mengambil keputusan mengenai penggunaan produk tersebut.

Baca juga: Catat! 4 Urutan Basic Skincare Routine untuk Pemula!

Demikian penjelasan lengkap mengenai apa itu puasa skincare hingga manfaatnya untuk kulit. Sejatinya, skin fasting bisa kamu lakukan dengan berbagai tujuan yang fokusnya tertuju pada pengoptimalan kesehatan kulit. 

Penggunaannya pun bisa kamu sesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing. Nah, gimana nih? Apakah kamu tertarik untuk mencoba puasa skincare ini? Semoga artikel ini bermanfaat ya, Babys!

Leave a Comment

Scroll to Top
Daftar Isi Konten