Apa Itu Digital Marketing dan 4 Rekomendasi Bootcamp-nya!

kursus digital marketing

Bonjour Babys! Sejak terjadinya pandemi 2 tahun lalu, menjadikan orang-orang saat ini cepat beradaptasi dengan berbagai hal melalui dunia digital. Maka dari itu, tak heran jika digital marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang efektif bagi sebuah bisnis untuk tetap eksis dan terus berjalan.

Kini, banyak perusahaan yang tengah beradu untuk memaksimalkan strategi pemasaran digital mereka melalui kampanye-kampanye pada berbagai platform digital. Lalu, apa saja sih manfaatnya dan harus belajar digital marketing dari mana jika ingin berkarir di bidang tersebut? Yuk, simak artikel ini hingga akhir!

Pengertian Digital Marketing

apa itu digital marketing

Pengertian digital marketing adalah suatu stratgei pemasaran produk, jasa, maupun brand melalui berbagai sarana digital dan internet. Tujuannya yaitu untuk dapat mendapatkan memperkuat online presence serta menggaet perhatian calon konsumen lebih cepat.

Pastinya, kamu sudah tidak asing dengan iklan-iklan yang beredar ditengah kegiatanmu bermain social media bukan? Atau melihatnya di sebuah artikel website? Bahkan mungkin tiba-tiba dihubungi seorang sales setelah mengisi suatu form iklan? Ya, itu semua merupakan contoh kecil dari digital marketing.

Pengguna internet yang kian meningkat dan kini mencapai angka 59,5% di seluruh dunia juga ikut mempengaruhi alasan banyak perusahaan kini berlomba-lomba memaksimalkan strategi pemasaran digital. Tak heran jika tawaran gaji digital marketing pun cukup menggiurkan. 

Manfaat Belajar Digital Marketing Course

belajar digital marketing

Nah, dengan berbagai manfaat digital marketing, tak heran jika belajar digital marketing course sebagai individu juga akan sangat menguntungkan karena:

Skill Penting di Era Serba Online

Menurut data Hootsuite, jumlah pengguna internet di Indoneisa tahun 2022 mencapai 4,95 milyar dengan pengguna media sosial sebanayk 4,62 milyar, naik sebesar 10,1% dibandingkan tahun sebelumnya.

Angka tersebut terbilang cukup tinggi karena sudah melebihi setengah total populasi penduduk Indonesia yaitu 7.9 milyar. Apalagi, ditambah sejak pandemi tahun 2020 mengharuskan semua dikerjakan secara online. Maka dadi itu,memiliki skill digital marketing menjadi salah satu investasi terbaik buat kamu.

High-demand job

Tak hanya orang awam, perusahaan, pebisnis, maupun pengusaha juga melihat besarnya peluang di dunia digital, maka dari itu digital markerter menjadi salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari beberapa tahun terakhir. 

Membangun atau Memaksimalkan Bisnis Online Sendiri

Tak hanya menjadi investasi skill berkarir, manfaat belajar digital marketing juga bisa kamu terapkan untuk membangun atau memaksimalkan bisnis online milik sendiri. Sebab, kamu bisa jadi lebih mengenal audiences lewat buyer persona, menganalisis segmen pasar, membangun brand awareness, hingga mendatangkan banyak leads yang potensial meningkatkan penjualan pula.

Baca juga: Download Buku Educated PDF – Tara Westover: Mind Blowing

Rekomendasi Kursus Digital Marketing Online

Beruntungnya, kini sudah ada banyak platform edukasi yang menyediakan pelatihan digital marketing online, diantaranya:

RevoU

revou

Platform edukasi pertama ini sepertinya sudah tidak asing buat kamu akibat iklannya yang tersebar dimana-mana, ya, RevoU. Dalam RevoU, tak hanya kursus digital marketing, namun kamu juga bisa menemukan course lainnya seperti Digital Analytics dan Product Management.

Program pelatihan digital marketing di RevoU memiliki periode 3-6 bulan dimana 3 bulan pertama akan diajarkan teori atau fundamental pengetahuan terlbih dulu kemudian 3 bulan selanjutnya akan dibadi menjadi kelompok dan diberikan study case atau real project sebagai media praktiknya.

Menggunakan metode pembelajaran live session setiap hari Senin hingga Kamis pukul 19.00 – 21.00 WIB malam, dan khusus hari Sabtu dilaksanakan pada pukul 13.00 – 15.00 WIB. Namun, bagi para siswa yang berhalangan hadir, RevoU juga memberikan hasil recording setiap live session yang bisa diakses selamanya.

Untuk kamu yang ingin sekaligus membangun portofolio digital marketing, RevoU juga menyediakan progam RevoU Labs untuk bisa mengerjakan real project selama 3 bulan dengan real client & budget.

Namun, untuk mengambil bootcamp digital marketing tersebut dibutuhkan budget yang lumayan besar yakni sekitar Rp13.000.000 – Rp16.000.000 dengan opsi cicilan sebanyak 12-20x.

Rakamin

bootcamp digital marketing

Rakamin adalah platform edukasi yang didirikan sejak tahun 2020 silam, menyediakan berbagai jenis pelatihan keterampilan seperti Digital Marketing, Data Science, UI/UX Design, Fullstack Web Development, dan Product Management.

Untuk pelatihan digital marketing berlangsung selama 1-4 bulan dengan opsi program persiapan karir selama 3 bulan. Metode belajar yang diterapkan Rakamin adalah live session dan self-learning berupa akses life time ke 40 video learning, tugas, tes ujian, mini project, serta Virtual Internship Experience (VIX) di perusahaan rekanan

Rakamin telah tersertifikasi internasional Education Alliance Findland (EAF). Para expert yang diajak kerjasama adalah lulusan Master of Top dari Top Global Universities, seperti Nanyang Technological University, University of Pennsylvania, hingga Harvard University. Selain itu, terdapat juga jaminan 100% money back guarantee serta job connector, namun belum ada fasilitas 1-on-1 career support.

Biaya untuk belajar digital marketing bootcamp di Rakamin yaitu sekitar Rp 4.000.000 ditambah Rp 2.000.000 jika kamu ingin mengikuti tambahan kelas persiapan karirnya.

Dibimbing.id

pelatihan digital marketing

Hampir sama dengan Rakamin, dibimbing.id hadir sebagai platform edukasi di tahun 2020 silam. Ada sekiranya 7 pelatihan digital untuk keterampilan Digital Marketing, Business Intellegence, Data Science, Front-end & Back-end Developer, UI/UX Designer, dan Product Management.

Lama periode pembelajaran bootcamp digital marketing dibimbing.id adalah 4-5,5 bulan secara live class setiap Sabtu dan Minggu selama 2-3 jam per sesinya. Diluar itu,dibimbing.id juga memberikan ekstra 20+ live session, exercise, dan video learning yang bisa diakses oleh siswa demi menunjang pembelajaran baik didalam maupun diluar kelas.

Para siswa juga akan diberikan weekly project dan final project yang bisa dijadikan portofolio. Selain itu, sudah dilengkapi fasilitas job connector, hiring partner, hingga 1-on-1 career support dimana mereka sudah mempunyai 400+ perusahaan rekanan. Namun, sayangnya tidak ada money back guarantee.

Untuk kisaran harga kursus digital marketing dibimbing.id mulai dari Rp7-Rp14 juta per course yang bisa dicicil sebanyak 8-18x.

Harisenin

kursus digital marketing

Terakhir, platform edukasi yang menjadi rekomendasi kursus digital marketing adalah harisenin. Mengedepankan konsep education-to-employment, harisenin memberi jaminan uang kembali 100% jika setelah setahun menjadi alumni namun belum mendapat pekerjaan. Sounds interesting, isn’t it?

Lama pelatihan Digital Marketing di harisenin berlangsung selama 4 bulan dan sudah termasuk berbagai fasilitas lengkap seperti job connector, hiring partner, 1-on-1 career support, dan team buddy

Uniknya lagi, proses pembelajaran bootcamp digital marketing di harisenin dibagi menjadi dua tahapan program. Pertama, Rise Learn, dimana selama 1 hingga 4 bulan pertama kamu akan belajar softskill dan technical skill secara intensif melalui live class, tugas praktik, belajar kelompok, hingga final project. 

Kemudian, pada tahap kedua yaitu Rise Up, kamu akan difokuskan pada persiapan karis seperti pelatiham, konsultasi karir, mendapatkan peluang internship atau project based dengan berbagai hiring partner yang telah bekerja sama dengan harisenin.

Harga digital marketing course harisenin juga terbilang paling terjangkau jika dibandingkan edutech platform laion yakni hanya sekitar Rp2-Rp4 juta dengan opsi 3-5x cicilan dan sudah mendapatkan berbagai fasilitas lengkap seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Selain itu, kamu bisa mencoba free trial course terlebih dahulu jika ingin tahu bagaimana sistem pengajaran bootcamp digital marketing harisenin.

Baca juga: [Download] Bicara Itu Ada Seninya PDF – Oh Su Hyang

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai Digital Marketing hingga beberapa rekomendasi platform untuk belajarnya. Sejatinya, investasi pada skill pemasaran digital di era serba online sekarang merupakan langkah bijak dan bisa menjadi peluang besar baik untuk karir profesional maupun bisnis sendiri.

Bagaimana Babys? Apakah kamu tertarik untuk belajar digital marketing dan berkarir di bidang tersebut? Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Leave a Comment

Scroll to Top
Daftar Isi Konten