Download Buku Educated PDF – Tara Westover: Mind Blowing

Bonjour Mates! Kali ini kita gak akan review buku fiksi maupun self-development laginih, tapi sebuah buku memoar berjudul Educated by Tara Westover! Salah satu buku yang berhasil masuk lima besar bestseller versi New York Times di tahun 2020.

Buku Educated ini menceritakan bagaimana lika-liku nyata yang dialami sang penulis untuk mendapatkan akses pendidikan formal yang selama ini ‘tak tersentuh’ akibat doktrin orangtuanya. 

Penasaran lebih lanjut mengenai buku Educated? Yuk langsung aja kita review, Mates!

Sinopsis Buku Educated Tara Westover

Download Buku Educated PDF

Pertama kali Tara Westover memasuki ruang kelas, dia berusia 17 tahun. Dia dibesarkan oleh para penyintas di dataran tinggi Idaho, di mana dia menyimpan buah persik kalengan dan tidur dengan “tas kepala-untuk-bukit” untuk persiapan jika dunia berakhir. Dia diselamatkan di tempat barang rongsokan ayahnya ketika musim dingin dan merebus ramuan untuk ibunya, seorang bidan dan tabib, saat musim panas.

Tara tidak pernah menemui dokter atau perawat karena ayahnya melarang pergi ke rumah sakit. Jamu yang digunakan untuk menyembuhkan luka bakar dari ledakan serta luka dan gegar otak semuanya dibuat di rumah. Keluarga itu begitu terputus dari masyarakat sehingga tidak ada seorang pun di sana untuk memastikan anak-anak pergi ke sekolah atau ikut campur ketika kakak laki-laki Tara mulai bertindak kasar.

Ketika Tara menyadari bahwa dia tidak memiliki pendidikan formal, dia mulai mendidik dirinya sendiri. Untuk pertama kalinya, dia belajar tentang peristiwa global yang signifikan seperti Holocaust dan perjuangan hak-hak sipil saat belajar sejarah di Universitas Brigham Young setelah mengajar sendiri aritmatika dan bahasa yang cukup untuk diterima di sana. Kehausannya akan pendidikan mengubahnya, membawanya melintasi negara dan lautan ke Harvard dan Cambridge. Kemudian dan hanya pada saat itulah dia akan mulai khawatir jika dia telah pergi terlalu jauh dan jika masih ada jalan untuk kembali.

Kisah pertempuran untuk penemuan diri diceritakan dalam buku Dididik. Ini adalah kisah tentang hubungan keluarga yang setia dan rasa sakit yang terkait dengan melanggarnya. Westover telah menciptakan cerita universal coming-of-age yang menangkap esensi dari apa itu pendidikan dan apa yang ditawarkannya: perspektif untuk melihat kehidupan seseorang melalui mata yang baru dan tekad untuk mengubahnya. Westover telah melakukan ini dengan wawasan tajam yang membedakan semua penulis hebat.

Review Buku Educated

Sekilas jika dibaca di sinopsisnya, mungkin sudah ada sedikit gambaran mengenai buku Educated ini, yaitu betapa berpengaruhnya pendidikan formal dapat mengubah kehidupan Tara Westover, sang penulis.

Namun, tak seperti kisah kebanyakan orang, kisah Tara untuk mengenyam pendidikan formal hingga ia mendapat gelar PhD saat ini tidaklah mudah. Tumbuh ditengah keluarga survival dengan pemikiran yang radikal banyak mempengaruhi cara pandangnya akan dunia luar, apalagi sedari kecil ia sudah didoktrin ayahnya betapa berbahayanya dunia.

Kisah kehidupan sang penulis pada buku Educated ini ditulis secara gamblang, termasuk peristiwa-peristiwa kurang mengenakkan ketika ia dirundung kakak-kakaknya sendiri. Maka dari itu, jika kamu mempunyai sensitivitas cukup tinggi terhadap kisah kekerasan, aku sarankan kamu membacanya dengan keadaan baik-baik saja.

Buku educated ini termasuk buku memoar, non-fiksi, yang memang fokusnya menceritakan perjuangan Tara untuk  mengedukasi dirinya sendiri dan teredukasi. Berbeda dengan buku self-development dengan berbagai kalimat-kalimat motivasinya.

Menurutku, buku ini sangat bagus karena dengan membaca kisah Tara mengejar pendidikannya mengajarkan kita untuk bersyukur dan memahami bahwa sesulit apapun situasinya, pasti ada solusinya. 

Download Buku Educated PDF

Jika kamu tertarik untuk mendalami kisah perjuangan sang penulis Tara Westover, kamu bisa mendownload Buku Educated PDF pada link dibawah ini ya, Mates!

Nah, itu dia review buku Educated karya Tara Westover, sebuah buku berjenis memoar yang menceritakan kisah nyata lika-liku penulis mendapatkan akses pendidikan formalnya hingga kini menjadi seorang doktor. Selamat membaca dan semoga bermanfaat ya!

Leave a Comment

Scroll to Top
Daftar Isi Konten