Auto Cerah! 11 Manfaat Glutathione untuk Kulit dan Tubuh

Bonjour Babys! Di tahun ini, ada banyak sekali bahan aktif skincare menjadi populer karena dianggap punya fungsi luar biasa, salah satunya yaitu Glutathione. Salah satu manfaat glutathione adalah sebagai bahan pencerah.

 

Maka dari itu, glutathione dalam skincare sering dijadikan bahan aktif utama pada produk-produk pencerah, baik untuk wajah ataupun body care. Namun, nyatanya fungsi glutathione tak hanya itu saja lho, Babys!

 

Nah, supaya lebih tahu dan paham apa itu glutathione, simak artikelnya sampai habis ya!

Apa itu Glutathione?

glutathione adalah

Glutathione adalah sebuah kandungan dari kombinasi beberapa komponen protein atau asam amino, yaitu glycine, L-glutamate, dan L-cysteine. Bekerja sebagai antioksidan, ketiga komponen tersebut sudah diproduksi secara alami oleh tubuh.

Hal spesial lainnya dari glutathione adalah ia mampu melakukan regenerasi sendiri setelah berhasil menangkal radikal bebas. Oleh karena itu, glutathione sering disebut sebagai master antioxidant.

Selain didapatkan secara alami dari tubuh, glutathione juga bisa didapatkan melalui suplemen atau makanan tertentu. Hal ini dikarenakan produksi gluta akan berkurang seiring bertambahnya usia setelah seseorang tersebut berusia lebih dari 20 tahun.

6 Manfaat Glutathione untuk Tubuh

manfaat glutathione untuk tubuh

Setelah merangkum dari banyak sumber, berikut 6 manfaat glutathione untuk tubuh, Babys!

Meningkatkan daya tahan tubuh

Fungsi glutathione untuk tubuh yang pertama adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Dilansir dari Orami, menurut jurnal Plos One mengatakan bahwa secara aktif glutathione menghasilkan sel T dan sel darah putih berupa Natural Killer.

Kombinasi glutathione dan sel T mampu menghasilkan zat penangkal infeksi lebih banyak untuk mengendalikan infeksi virus maupun bakteri.

Meningkatkan sensitivitas dan kinerja insulin

Manfaat glutathione yang tak kalah penting adalah berguna untuk meningkatkan sensitivitas serta kinerja insulin. Dilansir dari Hellosehat, hasil penelitian Baylor School Medicine menunjukkan bahwa glutathione berperan dalam menyeimbangkan kadar insulin dan berat badan.

Menjaga kesehatan jantung

Dilansir dari Alodokter, menerapkan pola makan sehat ditambah mengkonsumsi suplemen glutathione secara rutin baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi jantung. Selain itu, dapat juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, seperti stroke atau penyakit jantung lainnya.

Manfaat tersebut dikarenakan manfaat glutathione yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan mencegah tersumbatnya pembuluh darah.

Menjaga kesehatan hati

Glutathione adalah salah satu antioksidan penting dalam tubuh, maka dari itu jika mengalami kekurangan kandungan tersebut bisa saja menyebabkan kerusakan pada sel hati yang berujung pada terjadinya perlemakan hati.

Meringankan psoriasis

Baik dari makanan ataupun suplemen, jika seorang penderita psoriasis mendapatkan cukup asupan glutathione, maka gejala-gejala yang disebabkan oleh psoriasis dapat berkurang.

Membantu meringankan gejala Parkinson

Dilansir dari Orami, penelitian pada Journal of Alzheimer’s Disease mengatakan bahwa kekurangan zat antioksidan seperti glutathione dapat menyebabkan stres oksidatif, salah satu faktor terjadinya penyakit parkinson dan alzheimer.

Maka dari itu, dengan mendapatkan asupan glutathione yang cukup akan dapat mengurangi risiko atau bahkan mencegah terjadinya kedua penyakit tersebut.

Baca juga: 7 Manfaat Alpha Arbutin dan Cara Penggunaan yang Benar

4 Manfaat Glutathione untuk Kulit

manfaat glutathione untuk kulit

Setelah mengetahui peran pentingnya pada tubuh, berikut 4 manfaat glutathione untuk kulit:

Melawan radikal bebas

Bahaya radikal bebas dari paparan sinar UV maupun polusi dapat merusak kulit serta menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus. Manfaat glutathione untuk kulit memegang peran penting karena dipercaya dapat mengurangi kadar racun serta efek stres oksidatif sehingga kulit tetap sehat sekaligus kuat.

Meredakan inflamasi

Selain antioksidan, sifat lain glutathione adalah anti-inflamasi yang dapat mengurangi kadar mediator pro-inflamasi. Maka dari itu, manfaat glutathione untuk kulit dapat membantu mengurangi inflamasi atau peradangan pada jerawat serta hiperpigmentasi.

Mengatasi hiperpigmentasi

Dilansir dari Momsmoney, fungsi glutathione untuk mengatasi hiperpigmentasi melalui 3 mekanisme, yaitu menghambat aktivitas tirosinase, mengaktifkan jalur pheomelanin, dan bertindak sebagai antioksidan kuat.

Bila penggunaan dan asupannya tepat, manfaat glutathione untuk kulit bisa meratakan serta membuatnya terlihat lebih cerah.

Mengurangi tanda-tanda penuaan

Seperti penjelasan sebelumnya, sebagai master-antioksidan, glutathione dapat melawan radikal bebas yang menjadi salah satu faktor munculnya tanda-tanda penuaan. Oleh karena itu, glutathione dalam skincare ditujukan juga untuk mencegah dan mengurangi kerutan ataupun garis halus pada wajah.

Amankah Memutihkan Kulit dengan Glutathione?

manfaat glutathione

Meskipun cenderung aman, penggunaan glutathione dalam memutihkan kulit nyatanya masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Dilansir dari Klikdokter, salah satu penelitian pada beberapa orang berusia 30-60 tahun yang dilakukan selama 4-10 minggu berhasil menurunkan indeks melanin secara signifikan.

Hal tersebut berarti penggunaan glutathione  baik dalam bentuk suntik, suplemen, hingga permen hisap dapat memutihkan kulit dibandingkan sebelumnya. Namun, akibat pendeknya durasi penelitian yang pendek, sampel sedikit, dan tidak adanya monitoring lebih lanjut menjadi kekurangan dari penelitian tersebut sehingga perlu dilakukan penelitian lainnya.

Adakah Efek Samping Glutathione?

glutathione adalah

Keamanan dan tingkat toleransi penggunaan glutathione masih tergolong baik & aman, kecuali pada teknik penyuntikkan. Hal tersebut dikarenakan ditemukan efek samping serius berupa syok anafilaktik serta gangguan fungsi hati pada suatu penelitian.

Beberapa efek samping lain yang dapat timbul karena penyuntikkan glutathione, yaitu nyeri perut hebat gangguan ginjal, gangguan tiroid, ruam kulit, dan komplikasi lainnya.

Baca juga: Catat! 4 Urutan Basic Skincare Routine untuk Pemula!

Demikian informasi mengenai apa itu glutathione dan manfaatnya bagi kulit, yang ternyata tak hanya bermanfaat sebagai pencerah warna kulit namun juga memiliki banyak peran penting bagi tubuh.

Gimana nih, apakah kamu tertarik untuk memakai atau mengkonsumsi produk dengan bahan glutathione didalamnya? Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Leave a Comment

Scroll to Top
Daftar Isi Konten