Catat! 4 Urutan Basic Skincare Routine untuk Pemula!

urutan basic skincare routine

Bonjour Babys!—Memiliki kulit sehat dan terawat tentunya jadi dambaan setiap orang ya, baik itu wanita maupun laki-laki. Maka dari itu, tak jarang jika hal tersebut membuat orang-orang memburu berbagai skincare yang bermanfaat bagi kulit. Namun, sudah familiar kah kamu dengan basic skincare routine?

Banyaknya skincare product saat ini bisa jadi malah membuat kamu bingung manakah yang harus dibeli dan dipakai. Terlebih lagi ada banyak teknik dan rekomendasi dari berbagai beauty influencers. Namun, sebenarnya kamu bisa mendapatkan kulit sehat dengan cara memperkuat basic skincare kamu loh Babys! 

Penasaran apa itu basic skincare routine beserta urutannya? Simak sampai habis artikel ini ya!

Apa itu Basic Skincare

Seperti namanya, basic skincare adalah rutinitas penggunaan produk-produk skincare yang paling mendasar. Terlebih lagi jika kamu masih pemula atau baru mencoba untuk menggunakan produk perawatan kulit.

Manfaat Basic Skincare

Basic skincare routine bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar kulitmu terlebih dahulu sekaligus membangun fondasi yang baik sebelum mencoba berbagai skincare dengan bermacam-macam kandungan aktif.

Melakoni penggunaan skincare dasar ini  juga akan menyederhanakan pengaplikasian produk, sehingga kamu tidak memerlukan terlalu banyak skincare. Itulah kenapa banyak yang berpendapat bahwa basic skincare untuk memperbaiki skin barrier karena hanya menggunakan produk sesuai kebutuhan dan permasalahan kulit saja.

Kenali Tipe Kulit Kamu Dulu

Dikarenakan setiap orang punya kondisi dan kebutuhan kulit yang berbeda-beda, hal pertama yang penting kamu lakukan adalah mengenali tipe kulit terlebih dahulu. Hal ini berfungsi untuk dapat mempermudah kamu dalam mengetahui kebutuhan kulit serta cara penanganannya.

Selanjutnya, kamu juga akan lebih mudah untuk menentukan produk apa saja yang perlu dan cocok. Hal ini akan membuatmu lebih bijak dalam memilih produk dan tidak gampang tergiur klaim atau promosi.

Pahami dan Fokus Permasalahan Kulit

Setelah mengenali tipe kulit, kamu bisa fokus pada permasalahan kulit yang sedang dialami. Jangan memakai terlalu banyak produk dengan bermacam-macam klaim dan manfaat padahal itu tidak terlalu sesuai dengan permasalahan kulitmu saat ini.

Misalnya, seorang remaja mengalami permasalahan kulit berjerawat karena sering terpapar polusi ketika ia berangkat sekolah menggunakan sepeda, ditambah belum stabilnya hormon karena masa pubertas. Maka dari itu, baiknya ia fokus pada basic skincare untuk remaja ditambah memakai produk dengan kandungan yang berkhasiat dalam mengobati jerawat dibandingkan produk mencerahkan.

Baca juga: [REVIEW] Natur Hair Vitamin Ginseng: Vitamin Rambut Rontok!

Urutan Basic Skincare Untuk Memperbaiki Skin Barrier

urutan basic skincare routine

Nah, setelah tahu apa itu basic skincare, manfaat, hingga tahap awal yang penting dilakukan, next tentunya kita akan bahas satu-persatu urutan basic skincare routine, nih! Atau, dikenal juga sebagai CTMP, yaitu Cleansing, Toning, Moisturizing, dan Protecting.

Anyways, skincare basic untuk remaja, pemula, atau apapun jenis kulitmu sebenarnya sama aja Babys, hanya produk beserta kandungannya saja yang berbeda. Nah, tanpa lama-lama lagi, apa saja basic skincare routine atau CTMP?

1. Cleansing

Pertama, urutan basic skincare routine adalah cleansing atau membersihkan wajah. Tahap ini sangat penting agar tidak menghalangi kandungan skincare lainnya. Maka dari itu, pastikan kamu benar-benar membersihkan kulit wajah hingga bersih.

Agar lebih optimal, kamu bisa juga melakukan double hingga triple cleansing jika dirasa butuh. Pilihlah pembersih wajah yang gentle dan sesuai dengan tipe kulit kamu. Hindari produk yang menjadikan wajah terasa terlalu kering setelah dipakai agar tidak memicu produksi sebum berlebih karena kurang terlembabi.

2. Toning

Tahap selanjutnya yaitu toning atau menggunakan toner. Teksturnya yang cair, lembut, dan tidak iritatif dipercaya bermanfaat sebagai pelengkap dari cleansing karena mengandung bahan-bahan yang tidak didapatkan di tahap cleansing.

Toner juga dianggap dapat mengembalikan pH kulit setelah mencuci wajah sehingga wajah lebih bersih, fresh, dan lembab. Saat ini, ada banyak sekali toner dengan kandungan-kandungan aktif yang mumpuni. Namun, secara umum terbagi menjadi 2, yaitu hydrating toner dan exfoliating toner.

3. Moisturizing

Siapa bilang jika pelembab hanya dibutuhkan bagi mereka yang mempunyai tipe kulit kering? Nyatanya, pelembab merupakan salah satu skincare wajib bagi siapapun.

Hal ini dikarenakan moisturizer berfungsi untuk memberikan dan menjaga kelembaban kulit, sehingga tidak memproduksi sebum berlebih. Itulah kenapa moisturizing masuk dalam urutan basic skincare untuk memperbaiki skin barrier agar kulit terhindar dari radikal bebas secara optimal karena sudah terhidrasi dengan baik.

4. Protecting

Terakhir, urutan basic skincare adalah protecting atau melakukan perlindungan kulit menggunakan tabir surya atau sunscreen. Akibat dari pemanasan global, kini baik diluar maupun didalam ruangan kamu masih bisa terkena paparan sinar UV loh, Babys!

Maka dari itu, menggunakan sunscreen sangat wajib hukumnya agar kulitmu terlindungi serta tidak mengalami tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan halus, bintik-bintik hitam, kusam, dan permasalahan lainnya.

Baca juga: Apa itu Niacinamide? Ini 8 Manfaatnya untuk Kulit!

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa itu basic skincare hingga urutan penggunaannya. Setelah mengetahuinya, pastikan kamu benar-benar menjadikannya sebagai kebiasaan demi mendapat kulit yang sehat ya, Babys!

Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Scroll to Top
Daftar Isi Konten