10 Cara Mengatasi Mata Lelah, Penyebab, dan Gejalanya!

Bonjour Babys! Dijaman serba digital seperti sekarang ini, tak dapat dipungkiri ada banyak sekali manfaat karena kemajuan teknologi. Misalnya kemudahan mendapat informasi melalui ponsel. Namun, dibalik kemudahan itu masih ada dampak negatif yang menyertainya, misalnya mata lelah.

 

Ada banyak faktor penyebab mata lelah, namun untuk saat ini bisa dikatakan yang paling umum terjadi adalah akibat pemakaian hp tau komputer terlalu lama. Lalu, bagaimana cara mengatasi mata lelah karena hp atau terlalu lama didepan komputer? Simak artikel ini sampai habis ya!

Ciri-ciri Mata Lelah

ciri ciri mata lelah

Sebelum mengetahui cara mengatasi mata lelah karena terlalu lama didepan komputer atau HP, coba kenali dulu beberapa gejala atau ciri-ciri mata lelah sebagai berikut:

  • Mata lebih sensitif terhadap cahaya
  • Mata terasa perih, kering, berkedut, atau gatal
  • Merasa berat untuk membuka mata
  • Penglihatan menjadi kabur
  • Sakit kepala dan pusing
  • Mata berair
  • Nyeri atau sakit pada area bahu, leher, atau punggung
  • Mengantuk dan menyebabkan sult berkonsentrasi

Penyebab Mata Lelah

penyebab mata lelah

Penyebab mata lelah paling sering terjadi adalah akibat menatap layar ponsel atau komputer terlalu lama. Umumnya, manusia berkedip 15 kali setiap menitnya, namun ketika bermain dan melihat gadget, jumlah kedipan mata menurun mulai dari setengah hingga tiga kali lipat.

Ketika mata dipaksa untuk tetap fokus menatap layar gadget itulah yang menyebabkan mata lelah dan tegang, atau bisa juga disebut CVS (computer vision syndrome). Menurut American Academy of Ophthamology, bermain komputer maupun ponsel sebenarnya tidak merusak mata. Namun, akibat terlalu lama akan memicu ketegangan tersebut dan gejala lainnya.

Selain karena terlalu lama mendatap perangkat digital, penyebab mata lelah lainnya adalah sebagai berikut:

  • Paparan cahaya yang terlalu terang
  • Melakukan kegiatan yang butuh fokus tinggi
  • Membaca di ruang minim cahaya
  • Membaca terlalu lama
  • Paparan angin langsung ke arah mata

Baca juga: Hanya Minum Air Putih Dapat Manfaat Sebanyak Ini? Super!

Cara Mengatasi Mata Lelah

cara mengatasi mata lelah

Meskipun tidak berbahaya dan bisa membaik sendiri setelah istirahat, kondisi mata lelah dapat memicu gangguan yang lebih serius. Maka dari itu, jika kamu mengalami gejala mata lelah seperti diatas, cobalah beberapa cara mengatasi mata lelah karena HP berikut ini:

1.  Atur Intensitas Pencahayaan Ruangan

Cara mengatasi mata lelah yang pertama adalah dengan mengatur pencahayaan ruangan kamu. Usahakan intensitas cahayanya tidak terlalu terang atau menyilaukan, namun tetap cukup untuk membantumu beraktivitas.

2. Atur Pencahayaan Ponsel atau Komputer

Selain pencahayaan ruangan, cara mengatasi mata lelah karena HP juga bisa kamu coba dengan menyesuaikan tingkat keterangan layar ponsel kamu, Babys. Jadi, jika menuru kamu ruangannya sudah punya cahaya cukup terang, kamu bisa menurunkan intensitas cahaya layar HP kamu agar tidak terlalu menyilaukan mata.

3. Lakukan Metode 20-20-20

Sudah pernah dengar istilah metode ini? Yang dimaksud dengan 20-20-20 adalah ketika sudah menatao layar komputer atau ponsel selama 20 menit, dianjurkan untuk mengistirahatkan mata selama 20 detik dengan cara melihat benda sejauh 20 kaki atau setara 6 meter.

Kamu tidak perlu mengukur secara persis 20 kaki, hanya perlu mengalihkan fokus pandangan ke suatu benda atau hal yang jauh dari tempat kamu. Ada baiknya ketika bersitirahat 20 detik tersbut kamu melakukannya dengan berdiri atau menggerakkan badan agar tubuh tidak terlalu kaku.

4, Kompres dengan Air Hangat

Cara mengatasi mata lelah karena kurang tidur secara alami yang bisa kamu coba adalah mengompres mata dengan air hangat. Caranya, kamu bisa merendam handuk atau waslap di air rebusan lalu biarkan hingga menjadi hangat suam-suam kuku.

Setelah itu, kamu bisa mengompres mata dengan handuk tersebut selama 5-10 menit atau sesuai kebutuhan dan keinginan.

5. Jaga Jarak Mata dengan Layar

Selain intensitas cahaya, hal lain yang perlu diperhatikan ketika bermain gadget adalah mengatur jarak pandangnya. Untuk HP, berikan jarak sejauh 60cm antara mata dengan layar ponsel dengan posisi sedikit dibawah pandangan mata.

Sedangkan jarak yang disarankan ketika melihat komputer adalah 59-80 cm dengan 4-5 cm tengah layar lebih rendah dari ketinggian mata. Pastikan ukuran font tulisannya juga tidka terlalu kecil ya, Babys!

6. Pakai Kacamata Khusus 

Kini, sudah ada lensa dengan filter blue light atau anti radiasi. Meskipun tidak mengatasi mata lelah, namun setidaknya dengan memakai kacama tersebut bisa menjadi elindung tambahan untuk mengurangi gejala mata lelah.

Selain itu, memang sudah ada kacamata khusus yang mampu membantu mata fokus pada jarak sesuai anjuran ketika bermain perangkat digital baik dari jarak dekat hingga jauh.

7. Tutup dengan Telapak Tangan

Cara mengatasi mata lelah secara alami dan mudah yaitu denganmenutup kedua mata menggunakan telapak tangan dengan catatan tanpa menambah tekanan apapun. Menggosok tangan terlebih dulu agar menjadi hangat juga bisa kamu coba untuk menambah efek rileks.

8. Istirahat

Tentu saja, cara paling mudah untuk mengatasi mata lelah adalah dengan mengistirahatkan mata. Jika memang dirasa sudah lama menggunakan mata untuk melakukan pekerjaan apalagi yang menggunakan gadget, cobalah untuk mengambil istirahat sejenak selama beberapa menit.

Bahkan, jika dirasa memang sudah perih dan mengantuk, tidak ada salahnya juga untuk tidur selama beberapa menit sebelum melanjutkan pekerjaan kembali.

9. Gunakan Obat Tetes Mata

Ada banyak obat tetes mata di apotek dan bisa dibeli tanpa resep dokter. Kamu bisa menggunakannya ketika merasa mata kering, lelah, bahkan jika hanya butuh kelembapan saja. 

Pilihlah produk tanpa bahan pengawet dan penghilang kemerahan.

Jika ragu, kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter terlebih dulu ya, Babys!. 

10. Masker Kopi

Cara mengatasi mata lelah secara alami lainnya adalah dengan menggunakan ampas kopi sebagai masker. Menurut studi di Research Gate pun menyebutkan bahwa metode ini 100% aman.

Caranya, kamu bisa mencampur kopi dengan air hangat hingga ia mengeluarkan busa dan biarkan selama 1 menit terlebih dulu. Lalu, aplikasikan masker kopi tersebut dibawah mata ataupun satu wajah penuh.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Tanpa Obat

Nah, itu dia bahasan mengenai 10 Cara Mengatasi Mata Lelah dengan penyebab dan ciri-ciri bermacam-macam. Kesimpulannya, mata lelah terjadi karena terjadi ketegangan dan bisa membaik ketika kita bisa bijak mengatur intensitas kegiatan yang membutuhkan fokus tinggi pada mata.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba beragam cara mengatasi mata lelah diatas? Semoga artikel ini bermanfaat ya! 

Leave a Comment

Scroll to Top
Daftar Isi Konten