Serum Adalah: Definisi, Fungsi, dan Pemakaian Serum yang Benar

Serum adalah salah satu produk perawatan kulit yang populer dalam industri kecantikan. Dengan berbagai manfaatnya, serum mampu memberikan nutrisi dan perawatan intensif pada kulit wajah. 

Namun, dewasa ini semakin banyak beauty brands yang mengeluarkan berbagai jenis serum dengan fungsi berbeda-beda. Nah, supaya tidak bingung dalam artikel ini kita akan mengupas tuntas tentang serum wajah, mulai dari apa itu serum, serta pemakaian serum yang benar.

Yuk, simak terus artikel ini sampai habis ya!

Apa itu Serum?

serum adalah

Serum adalah produk perawatan kulit dengan konsentrasi tinggi bahan aktif seperti vitamin, antioksidan, peptida, dan zat-zat lain yang bermanfaat bagi kulit. Teksturnya yang ringan dan cepat meresap membuat serum bekerja lebih efektif di lapisan kulit yang lebih dalam. 

Walaupun ada juga serum dengan tekstur yang pekat, tapi dalam pengaplikasiannya berubah menjadi cair dan penyerapannya pun lebih ringan jika dibandingkan krim. Selain itu, serum juga menawarkan manfaat lebih spesifik untuk permasalahan kulit tertentu.

Fungsi Serum Wajah untuk Kecantikan Kulit

apa itu serum

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kini sudah ada banyak sekali jenis serum di pasaran. Nah, supaya tidak salah pilih, fungsi serum adalah sebagai berikut:

Menghidrasi Kulit

Salah satu fungsi utama serum adalah menghidrasi kulit secara intensif. Dengan konsentrasi tinggi bahan aktif yang mampu menembus lapisan kulit lebih dalam, serum dapat memberikan kelembapan sesuai kebutuhan kulit kering dan dehidrasi. 

Kandungan seperti asam hialuronat dan gliserin dalam serum membantu menjaga tingkat kelembapan kulit sehingga kulit terasa lebih lembut, segar, dan kenyal.

Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan faktor yang dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini. Serum wajah dengan kandungan antioksidan seperti vitamin C, dan vitamin E dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Antioksidan tersebut bekerja dengan menetralkan radikal bebas dan memperkuat pertahanan alami kulit, sehingga menjaga kulit tetap sehat, terlindungi, dan bercahaya.

Menutrisi Kulit

Berbagai kandungan serta nutrisi dalam serum adalah pilihan yang bagus untuk memberikan asupan penting bagi kulit. Bahan aktif seperti vitamin A, vitamin B, dan peptida dalam serum dapat membantu meremajakan sekaligus memperbaiki struktur kulit. 

Nutrisi yang tepat akan memberikan perbaikan pada kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, polusi, dan faktor lainnya, serta memberikan kelembutan dan kehalusan yang lebih optimal pada kulit.

Mencerahkan dan Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Salah satu masalah kulit yang umum adalah noda bekas jerawat. Serum wajah dengan kandungan bahan aktif seperti kojic acid, arbutin, atau vitamin C dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi noda bekas jerawat. 

Bahan-bahan tersebut bekerja dengan menghambat produksi melanin berlebihan, yang merupakan penyebab utama munculnya noda dan hiperpigmentasi pada kulit. Dengan penggunaan rutin, serum dapat membantu meratakan warna kulit dan memberikan tampilan yang lebih cerah dan merona.

Baca juga: 7 Manfaat Alpha Arbutin untuk Kulit

Menyeimbangan Produksi Minyak

Bagi mereka yang memiliki kulit berminyak, serum wajah juga dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak kulit. Beberapa serum mengandung bahan seperti asam salisilat atau niacinamide dapat membantu mengontrol kelebihan minyak pada kulit. Dengan penggunaan rutin, serum dapat membantu mengurangi kilau berlebih dan memberikan kulit tampak lebih segar.

Cara Memakai Serum yang Benar

pemakaian serum yang benar

Agar dapat memperoleh manfaat maksimal dari penggunaan serum wajah, sangat penting untuk mengikuti prosedur penggunaan yang benar. Beberapa langkah pemakaian serum yang benar yaitu:

Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Langkah pertama penggunaan serum adalah pastikan kamu sudah membersihkan wajah secara menyeluruh ya, Babys! Kamu bisa menggunakan facial wash yang cocok untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang menempel.

Bahkan, jika perlu kamu juga bisa menggunakan toner terlebih dulu sebelum mengaplikasikan serum wajah.

Ambil Serum Sesuai Petunjuk dan Aplikasikan

Biasanya, tiap produk kecantikan melampirkan cara penggunaan di packaging terluarnya. Umumnya, anjuran pemakaian serum yang benar yaitu dengan mengambil 2-3 tetes untuk seluruh wajah.

Ratakan Serum dengan Lembut

Cara memakai serum yang benar selanjutnya adalah ratakan serum secara lembut dengan men-tap-tap menggunakan ujung-ujung jari atau telapak tangan, sesuai kebutuhan dan kenyamanan kamu ya, Babys.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan pijatan ringan nan lembut supaya membantu penyerapan serum ke dalam kulit dengan lebih baik.

Tunggu hingga Meresap Sepenuhnya

Nah, salah satu kesalahan dalam penggunaan serum adalah tidak menunggu terlebih dulu sebelum melanjutkan ke produk lainnya. Nah, rata-rata waktu tunggu untuk pemakaian serum yang benar itu sekitar 1-2 menit.

Namun, kembali ke tekstur serum yang kamu pakai ya, Babys, karena bisa jadi lebih lama ataupun lebih cepat dari 1-2 menit tersebut.

Gunakan Serum secara Teratur sesuai Anjuran Penggunaan

Kunci utama untuk mendapat hasil terbaik dalam penggunaan serum adalah menggunakannya secara rutin, teratur, dan sesuai anjuran penggunaan 

Baca juga: Review eBright Skin Bio Hydro Booster

Demikian artikel mengenai serba-serbi serum mulai dari definisi, fungsi, hingga cara pamakaiannya. Serum adalah salah satu produk kecantikan yang paling sering dijumpai di daily skincare sebagai pelengkap basic skincare.

Nah, apakah kamu sudah pernah menggunakan serum sebelumnya? Atau baru saja ingin menggunakannya? Coba share pengalaman kamu di komen ya, Babys!

Leave a Comment

Scroll to Top
Daftar Isi Konten