Toner Adalah: Fungsi, Jenis, dan Cara Penggunaan yang Benar

Perawatan kulit menjadi hal penting bagi setiap orang, khususnya perempuan. Toner wajah menjadi salah satu produk perawatan kulit yang sangat penting dan banyak digunakan. Toner wajah memiliki banyak manfaat dan dapat membantu mempertahankan kelembapan dan kecantikan kulit wajah. 

Nah, supaya lebih paham mengenai apa itu toner, fungsi, jenis, dan cara menggunakannya yang benar, yuk simak artikel ini!

Apa itu Toner Wajah?

toner adalah

Toner adalah salah satu tahapan skincare yang digunakan setelah mencuci wajah. Dulunya, toner populer digunakan untuk pelengkap atau mengembalikan pH kulit setelah membersihkan wajah. Namun, kini bisa dikatakan toner menjadi salah satu basic skincare untuk memperbaiki serta menjaga skin barrier.

Toner yang bagus biasanya memiliki kandungan bahan aktif dengan berbagai fungsi seperti membantu membersihkan kulit wajah dari kotoran, mencerahkan, melembapkan, hingga eksfoliasi. Selain itu, toner juga berfungsi untuk mengembalikan pH kulit wajah yang mungkin terganggu setelah mencuci muka.

Apa Fungsi Toner?

apa fungsi toner

Toner wajah memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Berikut adalah beberapa fungsi toner wajah:

Membersihkan Sisa Kotoran dan Minyak

Toner wajah membantu membersihkan kulit wajah dari sisa kotoran dan minyak yang tidak terangkat oleh sabun pembersih. Sisa-sisa tersebut dapat menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan timbulnya jerawat, komedo, atau masalah kulit lainnya.

Mengembalikan pH Kulit Wajah

pH kulit wajah seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Maka dari itu, pH terlalu tinggi atau rendah dapat menyebabkan masalah kulit seperti iritasi, kering, atau jerawat. Nah, apa fungsi toner selanjutnya adalah untuk membantu mengembalikan pH kulit wajah yang mungkin terganggu setelah mencuci muka.

Menjaga Kelembapan Kulit Wajah

Fungsi toner wajah selanjutnya adalah untuk menjaga kelembapan kulit wajah, terutama yang mengandung bahan aktif seperti hyaluronic acid, glycerin, atau aloe vera dengan fungsi utama membantu menjaga kelembapan kulit wajah. Ketika kulit yang terhidrasi dengan baik, maka wajah juga akan terlihat lebih sehat dan segar.

Menyeimbangkan Produksi Minyak

Jika kulit wajah terlalu kering, maka kulit akan memproduksi lebih banyak minyak untuk menjaga kelembapan alami kulit. Namun, jika kulit terlalu berminyak, maka dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat atau komedo. 

Nah, dengan menggunakan toner wajah, akan membantu menyeimbangkan produksi minyak pada kulit wajah sehingga kulit terlihat lebih sehat dan segar.

Jenis-jenis Toner Wajah

exfoliating toner adalah

Secara garis besar, saat ini ada 3 jenis toner wajah, yaitu:

Hydrating Toner

Seperti namanya, hydrating toner adalah toner untuk memberikan kelembapan pada kulit dan menjaga kulit tetap terhidrasi sepanjang hari. Bahan-bahan seperti asam hialuronat dan glycerin biasa digunakan dalam toner pelembap.

Exfoliating Toner

Exfolioting toner adalah toner yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit serta mendorong regenerasi kulit baru. Bahan-bahan seperti asam alfa-hidroksi (AHA) dan beta-hidroksi (BHA) biasanya digunakan dalam toner eksfoliasi.

Biasanya, kandungan bahan aktif seperti AHA dan BHA memiliki presentase yang berbeda-beda, jadi kalau kamu masih pemula dalam exfoliating, pastikan kamu mulai memakia produk dengan konsentrasi rendah terlebih dulu ya, Babys!

Baca juga: 4 Jenis Acids Mencerahkan Kulit

Brightening Toner

Jenis toner terakhir yaitu brightening toner, bertujuan untuk mengurangi pigmentasi kulit dan memberikan efek cerah pada kulit wajah. Bahan-bahan seperti vitamin C, alpha arbutin, dan niacinamide digunakan dalam toner pencerah.

Salah satu brightening toner yang aku rekomendasikan adalah NACIFIC Phyto Niacin Toner dengan kandungan Niacinamide.

Cara Memakai Toner yang Benar

cara memakai toner yang benar

Setelah mengetahui fungsi dan jenis-jenisnya, berikut adalah cara memakai toner yang benar:

Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Pastikan kamu membersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan face wash, atau ditambah dengan micellar water sebagai double cleanser di malam hari. Karena jika wajah masih dalam keadaan kurang bersih, produk dengan kandungan bahan aktif sebagus apapun akan tidak terlalu meresap dan malah kurang mendapat manfaatnya.

Aplikasikan Toner Menggunakan Kapas atau Tangan Bersih

Setelah mencuci wajah, kamu bisa mengaplikasikan toner menggunakan dua cara, yaitu menggunakan tangan atau kapas. Simpelnya, kamu hanya perlu menuangkan toner secukupnya pada tangan atau kapas bersih lalu tap-tap ke seluruh wajah. 

Nah, jika kamu menggunakan kapas, pastikan kapas basah sepenuhnya agar gesekan antara kapas dan kulitmu tidak terlalu keras.

Biarkan Toner Menyerap

Setelah mengaplikasikan toner pada wajah, biarkan kulit menyerap toner dengan sendirinya. Jangan membilas atau mengusapnya terlalu keras. Biarkan toner menyerap selama beberapa saat, biasanya sekitar 30 detik hingga 1 menit.

Gunakan Tahapan Skincare Selanjutnya

Setelah toner menyerap pada kulit wajah, gunakan skincare selanjutnya yang kamu punya, misal serum lalu pelembab. Namun, jika kamu masih fokus pada basic skincare, kamu bisa langsung menggunakan pelembab untuk menjaga kelembapan kulit selama bearktifitas maupun beristirahat di malam hari.

Baca juga: Apa itu Ampoule, Serum, dan Emulsion

Nah, itu dia pembahasan lengkap mengenao apa itu toner wajah beserta fungsi, jenis, hingga cara pemakaiannya yang benar. Toner adalah salah satu skincare pelengkap untuk basic skincare kamu, terutama jika kamu fokus untuk menjaga kesehatan skin barrier terlebih dulu.

Bagaimana Babys, kamu sendiri sudah pakai toner gak nih dalam daily skincare? Kalau iya, share pengalamanmu dikomen ya! Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Comment

Scroll to Top
Daftar Isi Konten