7 Manfaat Alpha Arbutin dan Cara Penggunaan yang Benar

Akibat polusi, debu, hingga paparan sinar matahari membuat kulit menjadi kotor, gelap, kusam, dan terlihat tidak sehat. Maka dari itu, kamu membutuhkan skincare dengan kandungan yang membantu mencerahkan seperti niacinamide, vitamin C, ataupun alpha arbutin.

Alpha arbutin adalah salah satu kandungan baik dalam perawatan kulit dengan berbagai fungsi, salah satunya yaitu untuk mencerahkan kulit. Belakangan ini juga manfaat alpha arbutin cukup ramai dibicarakan banyak orang.

Nah, supaya lebih tahu apa itu alpha arbutin dan manfaatnya, yuk simak terus penjelasan dibawah ini!

Apa itu Alpha Arbutin

Apa itu Alpha Arbutin

Menurut dokter kulit dari Westlake Dermatology, Heidi Prather, mengatakan bahwa alpha arbutin adalah bentuk sintetis dari arbutin, senyawa turunan dari hydroquinon yang secara alami diekstraksi dari dedaunan tanaman kering seperti cranberry, blueberry, bearberry, dan pir.

Walaupun bentuk turunan senyawa hidrokuinon, namun alpha arbutin dianggap lebih aman penggunaannya karena hanya memperlambat produksi melanin, tidak langsung membunuhnya seperti fungsi hidrokuinon secara umum.

Bentuk lain dari arbutin adalah beta arbutin, yang terbentuk dari tanaman. Namun, menurut dokter The Derm Institute California, Annie Chu, MD, alpha arbutin sepuluh kali lipat lebih kuat dan stabil dibandingkan dengan beta arbutin.

Fungsi Alpha Arbutin untuk Kulit

manfaat alpha arbutin

Tak hanya mencerahkan kulit, alpha arbutin adalah salah satu kandungan yang memiliki banyak kegunaan. Beberapa manfaat alpha arbutin adalah sebagai berikut ini:

1. Mencerahkan Kulit

Seperti pembahasan sebelumnya, manfaat alpha arbutin yang paling populer adalah membantu mencerahkan kulit. Hal ini karena kinerjanya memperlambat enzim tirosinase dalam melanosit, yaitu sumber dari produksi melanin pada kulit..

Dengan melambatnya produksi melanin tersebut, kulit kamu akan terlihat lebih cerah dan tidak kusam lagi lho, Babys!

2. Meratakan Warna Kulit

Selain mencerahkan, fungsi alpha arbutin dalam memperlambat produksi melanin juga dapat membantu meratakan warna kulit, bahkan membantu mengurangi flek hitam akibat paparan sinar matahari.

Hasil studi pada Journal of Investigative Dermatology menunjukkan bahwa penggunaan kandungan ini  selama 12 minggu dapat memudarkan flek hitam serta warna kulit yang merata dan lebih cerah.

3. Membantu Proses Eksfoliasi

Manfaat alpha arbutin selanjutnya adalah membantu proses eksfoliasi, terutama dalam mempercepat regenerasi kulit. Maka dari itu, kandungan ini sangat cocok dan aman apabila dipadukan dengan eksfoliator seperti AHA, BHA, atau PHA.

4. Memudarkan Bekas Jerawat

Selain jerawat, merawat bekasnya adalah salah satu hal yang kerap kali membuat pusing dan tidak sabaran ya, Babys? Nah, dengan fungsi alpha arbutin sebagai penghambat produksi melanin, tentunya kandungan ini juga akan membantu kamu untuk memudarkan bekas jerawat.

5. Menghidrasi dan Melembabkan

Menghidrasi dan melembabkan kulit menjadikan kulit tampak lebih sehat sekaligus ternutrisi adalah kegunaan alpha arbutin lainnya. Kandungan ini mampu mengontrol minyak serta menjaga kadar air dalam kulit.

6. Mudah Ditoleransi Kulit Sensitif

Meskipun salah satu kandungan kuat, kabar baiknya yaitu alpha arbutin  relatif dapat ditoleransi kulit sensitif. Kandungan ini juga tidak akan membuat kulit kamu lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

7. Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Karena sifat antioksidannya, manfaat alpha arbutin mampu menetralkan radikal bebas sekaligus melawan tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus dan kerutan.

Baca juga: AHA, BHA, PHA: Manfaat dan Bedanya Apa?

Apa Ada Efek Samping Alpha Arbutin?

efek samping alpha arbutin

Seperti pembahasan sebelumnya, penggunaan alpha arbutin cenderung aman untuk semua jenis kulit dan usia berapapun jika digunakan secara topikal dengan konsentrasi kandungan hingga 3-4 persen. Tapi, ada baiknya hindari penggunaan kandungan ini pada anak dibawah umur 18 tahun.

Namun, tetap berhati-hati ketika kamu baru mau mencoba produk baru dengan mengetesnya terlebih dahulu ya, Babys!

Cara Menggunakan Alpha Arbutin yang Benar

Seperti menggunakan skincare lain pada umumnya, seaman apapun kandungan didalamnya kamu tetap harus berhati-hati dan melakukan tes kecocokan terlebih dulu. Kamu bisa oleskan sedikit skincare dengan kandungan ini pada dahi, dagu, pipi bagian bawah, atau daerah lain yang menurut kamu bisa dipakai untuk tes produk baru.

Jika dalam 24 jam setelah pemakaian tidak menimbulkan reaksi, kamu bisa mengetesnya kembali dengan memakai di seluruh wajah 2-3 kali seminggu. Selama waktu tersebut tetap tidak menimbulkan iritasi apapun, dapat diartikan kamu cocok dan bisa menggunakan produk tersebut untuk perawatan sehari-hari.

Baca juga: Catat! 4 Urutan Basic Skincare Routine untuk Pemula!

Nah, itu dia pembahasan lengkap mengenai apa itu alpha arbutin, manfaat, hingga cara penggunaan yang benar. Jika kamu memiliki masalah seperti kulit kusam atau flek hitam, kandungan ini bisa kamu jadikan pertimbangan untuk perawatan kulitmu.

Leave a Comment

Scroll to Top
Daftar Isi Konten