Sunblock vs. Sunscreen : Makin Gede SPF-nya Makin Bagus?

Bonjour Babys!
Welcome Back to my blog!✨💛💛

Nah, buat yang masih penasaran apasih bedanya Sunblock sama Sunscreen? Terus apa iya semakin gede SPF-nya semakin bagus buat kulit?
Pertanyaan-pertanyaan seperti itu kan yang selama ini dipertanyakan tentang dua saudara yang serupa tapi tak sama ini.

Langsung aja yuk! Aku jelasin secara sederhana sepengetahuanku setelah aku mencari tahu dari beberapa sumber ya.

1. Sunblock
 Sunblock ini biasanya mengandung mineral kayak Zinc Oxide atau Tintanium Dioxide yang membangun lapisan diatas kulit yang fungsinya sebagai dinding penghalang sinar matahari. Nah tekstur dari sunblock ini lebih kental dengan warna yang lebih pekat, Babys.
Jadi, kalau kamu sering berkegiatan di outdoor / dibawah sinar matahari langsung sunblock jadi pilihan terbaik buat ngelindungin kulitmu ya Babys!:)

2. Sunscreen
Nah kalo sunscreen ini teksturnya lebih cair serta lebih tipis dari sunblock, dan doi ini bertindak sebagai penyaring sinar matahari. Cairan sunscreen masuk ke dalam kulit dan akan menyerap sinar UV sebelum mencapai lapisan kulit kamu dan merusaknya. Tapi katanya nih, masih akan ada sinar yang terserap, jadi sunscreen ini lebih cocok kamu pakai untuk kegiatan indoor atau yang tidak terlalu lama berada di luar dan tertapar langsung sinar matahari. Sampai ini, udah paham kan Babys?

3. Arti Angka SPF
Kamu pasti sudah banyak menjumpai banyak tabir surya atau make up yang ber-SPF dengan macam-macam tingkatan angka kan, Babys? Nah, ternyata ada cara untuk menghitung kebutuhan SPF ini loh.

Jadi misalkan nih, kulit kamu tahan akan sinar matahari selama 10 menit sebelum terbakar, lalu kamu memakai tabir surya ber-SPF 30, berarti ketahanan kulitmu dibawah sinar matahari akan bertambah menjadi 30 menit. SPF 30 = 30 × 10menit = 300 menit atau selama 5jam. 
Begitupun seterusnya jika kulitmu memiliki ketahanan terpapar sinar matahari lebih lama, berarti dengan memakai sunscreen atau sunblock akan menambah ketahanan kulitmu.

Baca juga ya Babys Review Sunscreen Skinaqua SPF 50+
4. Dampak kalau kamu tidak memakai tabir surya

Dampak terpapar sinar matahari UVA & UVB

Bukannya aku tidak menyukai adanya matahari dan sinarnya yang senantiasa menerangi bumi kita ya Babys, tapi memang akibat global warming, bumi udah gabisa memantulkan bagian jahat dari sinar matahari, misal sinar UVA dan UVB
Dampak dari UVA dan UVB ini gak keliatan langsung, tapi dalam jangka panjang Babys. Jadi kalau kamu enjoy aja berada diluar tanpa menggunakan tabir surya, dan gak ngerasain apa-apa, ya karena emang belum keliatan aja.
Padahal, UVA ini akan membuat kulit kamu lebih cepat keriput karena kehilangan elastisitasnya. Doi juga mempercepat penuaan kulit, Babys.Nah kalau UVB? Bisa menyebabkan kulit kau terbakar atau biasa dibilang sunburn. Dua sejoli ini bawa dampak apa yang paling parah? Kanker kulit! Aduh serem banget

Baca juga ya Babys Mitos dan Fakta tentang Pori-pori yang wajib kamu tau nih!

Bahkan, beberapa orang percaya bahwa sinar matahari ini kan juga sedikit banyak masuk rumah nih, jadi juga ada kemungkinan kedua sinar UV tersebut juga ikut masuk rumah. Jadi mereka tetap menggunakan sunscreen sesuai kebutuhan mereka Babys..

Nah gimana nih babys? pastinya kalian udah bisa nyimpulin sendiri dong beda sunblock dan sunscreen? dan betapa pentingnya mereka bagi kulit kita?

Semoga bermanfaat,
All regards and love. see you when I see you Babys!💛✨

Leave a Comment

Scroll to Top