Manfaat Argan Oil untuk Wajah, Rambut, dan Kesehatan

Bonjour Babes! Kandungan skincare dan body care kini memang semakin beragam menyesuaikan kebutuhan banyak orang, tak terkecuali natural oil. Salah satu minyak alami yang kerap kita jumpai di personal care product yaitu Argan Oil.

Argan Oil memiliki beragam manfaat untuk kecantikan wajah, rambut, bahkan kesehatan tubuh. Oleh karena itu, argan oil semakin populer dan banyak digunakan pada produk-produk perawatan tubuh sebagai pelembab alami. 

Penasaran asal muasal argan oil dan manfaat lainnya untuk tubuh? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Apa itu Argan Oil

argan oil adalah

Berasal dari Maroko, argan oil dihasilkan dari ekstraksi biji pohon argan yang mengandung banyak nutrisi salah satunya adalah asam lemak esensial omega-6 (asam linoleat) sebesar 29-36%. Tak hanya itu, ada juga 43-49 persen omega-9 (asam oleat) dari keseluruhan lemak argan oil.

Dilansir dari artikel situs Dr. Axe, argan oil adalah salah satu minyak esensial yang sudah lama digunakan sebagai bahan untuk pengobatan ruam, gigitan serangga, dan infeksi kulit. Selain itu, minyak argan juga terkenal aman dan minim efek samping sekaligus memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Oleh karena itu, masyarakat Maroko sering menyebutnya “emas cair”.

Manfaat Argan Oil untuk Wajah

manfaat argan oil untuk kesehatan

Mari kita bahas manfaat argan oil untuk wajah terlebih dulu ya Babes! Berikut ini diantaranya:

Sebagai pelembab kulit

Seperti yang telah disebutkan diawal, manfaat terpopuler dari minyak argan untuk wajah adalah sebagai pelembab kulit. Hal tersebut dikarenakan argan oil mengandung vitamin E sehingga menjadikannya sebagai bahan sempurna untuk melembabkan kulit.

Mencegah penuaan dini

Selain melembabkan, manfaat argan oil untuk wajah selanjutnya adalah mampu mencegah penuaan dini seperti munculnya garis kerutan karena kandungan omega-3 dan antioksidan. Kandungan tersebut dapat membantu peningkatan produksi kolagen sehingga dapat mencegah keriput.

Memudarkan stretch mark

Selaras dengan poin sebelumnya, peningkatan produksi kolagen juga mampu membantu kulit menjadi lebih kenyal serta elastis sehingga dapat juga kamu gunakan sebagai minyak untuk memudarkan stretch mark.

Mengobati jerawat

Manfaat argan oil untuk wajah selanjutnya yaitu membantu mengobati jerawat. Hal ini karena minyak argan memiliki kandungan antioksidan dan sifat antiradang. Namun, penggunaanya untuk obat jerawat alami masih perlu dipastikan melalui studi lebih lanjut.

Melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari

Sifat antioksidan dari minyak argan nyatanya juga digunakan masyarakat Maroko untuk melindungi kulit mereka dari dampak buruk sinar matahari. Dilansir dari CNN, sebuah studi menyatakna bahwa argan oil mampu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Dipercayai minyak argan juga mampu membantu mencegah luka bakar serta hiperpigmentasi sehingga dalam jangka panjang,  argan oil bisa mencegah kanker kulit.

Baca juga: Serum Adalah: Definisi, Fungsi, dan Pemakaian Serum yang Benar

Manfaat Argan Oil untuk Rambut

manfaat argan oil untuk rambut

Cukup jarang diketahui, ternyata minyak argan juga memiliki banyak manfaat untuk rambut loh, Babes! Berikut 5 manfaat argan oil untuk rambut:

Melembabkan rambut

Selain menjadi pelembab alami kulit, kandungan asam lemak yang tinggi pada argan oil juga terbukti dapat melembabkan rambut. Hal tersebut dikarenakan molekulnya yang kecil dapat masuk lewat kutikula dan terserap dengan baik oleh batang rambut.

Mengurangi kerusakan akibat sinar matahari

Tak hanya kulit, dampak buruk matahari juga dapat merusak rambut kita loh, Babes! Apalagi masih cukup sulit menemukan produk yang berfungsi melindungi rambut dari sinar matahari.

Kandungan antioksidan argan oil dapat kamu manfaatkan untuk memperbaiki rambut rusak dengan cara menetralkan radikal bebas seperti apa yang telah dilakukan wanita Maroko.

Mengurangi kerusakan akibat pewarnaan rambut

Dilansir dari Loreal, terdapat sebuah penelitian pada tahun 2013 di Brazil berhasil membuktikan bahwa menggunakan produk perawatan rambut dengan kandungan argan oil dapat membantu kerusakan rambut akibat proses pewarnaan rambut.

Penggunaannya dapat dilakukan langsung setelah proses pewarnaan rambut agar dapat mencegah pengurangan protein rambut lebih banyak. Bagi kamu yang memiliki rambut berwarna juga bisa menggunakannya sehari-hari supaya rambut tetap sehat.

Menjaga kesehatan kulit kepala

Manfaat argan oil untuk rambut selanjutnya adalah sebagai anti radang yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Jika kamu salah satu orang dengan psoriasis, maka penggunaan minyak argan dapat membantu peradangan tersebut. 

Selain itu, anti-bakteri pada argan oil juga dapat membantu mengatasi infeksi bakteri penyebab munculnya gatal-gatal dan ketombe di kulit kepala.

Mengurangi efek buruk hair styling

Selain kerusakan akibat cat rambut, manfaat argan oil untuk rambut dapat mencegah kerusakan rambut dikarenakan panas dari alat hair styling. Rambut patah, pecah-pecah, atau rusak lainnya bisa diatasi jika menggunakan argan oil secara rutin karena ia akan membentuk lapisan pelindung dengan kandungan asam lemaknya.

Manfaat Argan Oil untuk Kesehatan

manfaat argan oil untuk kesehatan

Selain sebagai obat luar, minyak argan juga tergolong aman untuk dikonsumsi. Beberapa manfaat argan oil untuk kesehatan, diantaranya:

Meredakan peradangan

Sifat anti-radang pada argan oil juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan diantaranya, meredakan infeksi atau peradangan akibat cedera. Selain itu, minyak argan juga dipercaya dapat meringankan nyeri otot dan nyeri sendi. Namun, sifat anti-radang tersebut masih butuh penelitian lebih lanjut.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat argan oil untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu meningkatkan daya tahan tubuh melalui kandungan vitamin E, lemak sehat, dan anti-oksidannya.

Menjaga kesehatan jantung

Selain untuk imun tubuh, antioksidan dan lemak sehat pada argan oil juga dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Hasil tersebut ditunjukkan pada beberapa riset jika mengonsumsi minyak argan dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dserta meningkatkan HDL (kadar lemak baik)

Mengontrol gula darah

Dilansir dari Alodokter, sebuah riset menunjukkan bahwa argan oil dapat bermanfaat menurunkan risiko resistensi insulin (gangguan penyerapan gula) dan mencegah peningkatan gula darah sehingga baik untuk pencegahan diabetes.

Namun, untuk pengobatan diabetes, pemanfaatan argan oil perlu riset lebih lanjut dan lebih baik dikonsultasikan dengan dokter terlebih dulu.

Membantu proses penyembuhan luka

Penelitian dan uji coba penggunaan argan oil untuk penyembuhan luka pada hewan terbukti efektif dan lebih cepat kering. Namun, untuk penyembuhan luka pada manusia masih belum banyak diteliti.

Baca juga: 11 Cara Menghilangkan Jerawat Punggung yang Ampuh dan Mudah!

Cara Memilih Argan Oil yang Baik dan Berkualitas

argan oil adalah

Setelah mengetahui berbagai manfaat argan oil diatas, mungkin sebagian dari kamu menjadi ingin mencoba memakai atau mengonsumsi argan oil. Nah, sebelum membelinya, berikut ada beberapa cara memilih argan oil yang baik dan berkualitas:

  1. Pilih argan oil yang dibuat menggunakan metode cold pressed karena tidak banyak nutrisi yang hilang dalam pengolahannya.
  2. Pilih produk yang mengandung 100% minyak argan tanpa campuran bahan lainnya.
  3. Hindari membeli produk dengan kemasan plastik atau kemasan lain bewarna bening. Hal tersebut dikarenakan untuk mencegah kerusakan minyak, akan lebih baik jika dikemas menggunakan kaca berwarna gelap.
  4. Jika kamu ingin menggunakan argan oil untuk wajah atau rambut, kamu bisa memilih produk cosmetic grade karena biasanya yang digunakan untuk konsumsi sedikit berbau. Dan sebaliknya, jika kamu ingin mengonsumsinya kamu bisa memilih produk untuk konsumsi (food grade).
  5. Demikian penjelasan lengkap mengenai Argan Oil dan Segudang Manfaatnya. Dengan hanya satu minyak alami ini, kamu bisa mendapatkan berbagai fungsi untuk kecantikan, rambut, dan kesehatan. Terdapat juga beberapa tips memilih argan oil yang baik dan berkualitas agar dapat menikmati manfaatnya secara efektif.

Bagaimana nih Babes? Tertarik untuk mencoba argan oil dalam keseharian kamu? Share pengalamanmu di komentar ya!

Leave a Comment

Scroll to Top
Daftar Isi Konten