[DOWNLOAD] Mantappu Jiwa – Jerome Polin PDF: Matematika Hidup

Bonjour Mates! Selain buku self-development, jenis buku yang cukup digandrungi anak-anak muda berambisi saat ini adalah buku biografi dari tokoh inspiratif. Jenis buku tersebut menarik karena biasanya kita akan jadi tahu sisi atau cerita lain dari sang tokoh.

Nah, sebenarnya, ada banyak tokoh inspiratif yang bikin aku penasaran dan ingin baca kisah mereka lebih dalam, namun kita mulai dari buku orang indonesia dulu ya, Mates! Yup, salah satunya adalah buku Mantappu Jiwa karya Jerome Polin (yang memang baru-baru ini sedang tren juga dikalangan kaum Milenial dan Gen Z).

Buat kamu yang penasaran juga seperti apa buku autobiografi Jerome Polin, simak artikelnya sampai habis ya!

Resensi Buku Mantappu Jiwa

buku mantappu jiwa

Dilansir dari Blurb belakang buku Mantappu Jiwa – Jerome Polin, berikut sinopsisnya:

Kata orang, selama masih hidup, manusia akan terus menghadapi masalah demi masalah. Dan itulah yang akan kuceritakan dalam buku ini, yaitu bagaimana aku menghadapi setiap persoalan di dalam hidupku. Dimulai dari aku yang lahir dekat dengan hari meletusnya kerusuhan di tahun 1998, bagaimana keluargaku berusaha menyekolahkanku dengan kondisi ekonomi yang terbatas, sampai pada akhirnya aku berhasil mendapatkan beasiswa penuh S1 di Jepang.

Manusia tidak akan pernah lepas dari masalah kehidupan, betul. Tapi buku ini tidak hanya berisi cerita sedih dan keluhan ini-itu. Ini adalah catatan perjuanganku sebagai Jerome Polin Sijabat, pelajar Indonesia di Jepang yang iseng memulai petualangan di YouTube lewat channel Nihongo Mantappu.

Yuk, naik roller coaster di kehidupanku yang penuh dengan kalkulasi seperti matematika.

It may not gonna be super fun, but I promise it would worth the ride.

Minasan, let’s go, MANTAPPU JIWA! 

Review Buku Mantappu Jiwa – Jerome Polin

Dari resensinya, sepertinya sudah tergambar jelas ya garis besar buku Mantappu Jiwa ini adalah menceritakan kisah-kisah perjuangan Jerome mulai dari bagaimana ia mendapatkan beasiswa penuh kuliah S1 di Jepang, tepatnya di Waseda University, hingga kesuksesannya dalam membangun channel YouTube Nihongo Mantappu.

Bagian pertama membahas tentang latar belakangnya, terutama kondisi keluarganya dulu secara ekonomi terdampak krisis kerusuhan 1998. Dilanjut dengan kisah ambisinya untuk berkuliah dengan dukungan beasiswa penuh, hal teserbut cukup menarik karena memang tak sedikit dari kita juga memiliki mimpi yang sama – mendapatkan pendidikan setinggi mungkin melalui beasiswa.

Maka dari itu, bagi kamu yang memiliki ketertarikan yang sama serta ingin tahu lebih dalam mengenai persiapan dan beberapa trik mendapatkan beasiswa pendidikan, buku ini patut masuk rekomendasi. Tal hanya itu, kamu juga akan tahu bagaimana perjuangan setelah mendapatkan beasiswanya – jadi, berhasil mendapatkan beasiswa bukanlah ‘’hasil akhir’’ melainkan ‘’awalan baru’’ dari perjuangan untuk mendapat pendidikan terbaik ya, Mates!

Bagian kedua dari buku Mantappu Jiwa ini juga tak kalah menarik nih, Mates! Karena menceritakan awal mula channel YouTube Nihongo Mantappu dibuat hingga kini menjadi salah satu channel dengan ribuan subscribers dengan mengangkat konten-konten edukasi berupa tips-tips menjawab soal matematika (awalnya, hihi).

Buku Mantappu Jiwa ini memang membuat pembacanya enjoy karena menggunakan bahasa sederhana nan mudah dimengerti (meskipun ada pula yang terganggu dengan layout buku warna-warni lucu). Namun, bagi orang yang memang terbiasa dengan buku self-development dan haus akan motivasi, buku ini rasanya kurang delivering that motivation or ambition. Jadi, ya… seperti membaca sejarah orangnya saja, tapi masih kurang di beberapa titik dimana menunjukkan ambisi atau cara praktis Jerome di sepanjang perjuangannya. 

But, overall ini buku yang bagus dan cocok untuk menemani waktu senggangmu, Mates.

Baca juga: Review Buku The Book Of Ikigai – Ken Mogi: Menemukan Makna Hidup

Download Buku Mantappu Jiwa – Jerome PDF

Nah, bagi kamu yang penasaran dan ingin baca langsung, kamu bisa download buku Mantappu Jiwa Jerome Polin ini dengan klik link dibawah ya!

Bagi yang masih bingung bagaimana cara download-nya, kamu bisa mampir kesini dulu~~

Demikian review Buku Mantappu Jiwa – Jerome Polin, kisah inspiratif dalam berjuang mendapatkan beasiswa pendidikan terbaik di luar negeri seraya mencari cara untuk mewujudkan ketertarikan di bidang yang sedang digandrungi anak muda – sosial media.

Bagaimana Mates? Tertarik untuk baca buku Mantappu Jiwa karya Jerome Polin ini? 

Selamat membaca dan semoga bermanfaat, ya!

Leave a Comment

Scroll to Top
Daftar Isi Konten