[REVIEW] Serum Scarlett Niacinamide 5%: Brighten and Hydrating

Bonjour Babys! Setelah kita review Serum Scarlett Retinol, kali ini kita akan bahas serum sejolinya yang sama-sama launch di waktu berdekatan, yaitu Scarlett Niacinamide 5 Beta Glucan 7 Phyto Extract!

Hampir sama seperti retinol, Niacinamide juga jadi salah satu kandungan skincare yang populer belakangan ini dan semakin digemari karena berbagai manfaatnya seperti mencerahkan, melembapkan, hingga membantu memudarkan noda bekas jerawat.

 

Nah, kabar baiknya, produk Scarlett kali ini tidak hanya mengandung Niacinamide tapi juga Beta Glucan 7 nih! Penasaran? Yuk, langsung aja kita bahas review Serum Niacinamide Scarlett!

Review Serum Scarlett Niacinamide

Serum Scarlett Niacinamide

Hampir sama dengan ceritaku dengan retinol, honestly ini bukan pertama kali aku cobain pakai Niacinamide. Bahkan, niacinamide jadi kandungan aktif pertama yang pernah aku coba! Fortunately, sangat cocok dan membuahkan hasil, akhirnya ketagihan deh pakai doi sampai sekarang! Hihi.

Oleh sebab itu, juga aku lumayan sering kepo beauty product yang mengandung Niacinamide, karena doi ini termasuk paling aman di ‘’collab’’ dengan active ingredient lain termasuk punya Scarlett ini dia ada Beta Glucan dan 7 Phyto Extract-nya.

Nah, tanpa berlama-lama lagi, yuk kita bahas lebih dalam mengenai serum Scarlett Niacinamide!

Packaging

Niacinamide Scarlett ini hadir bersamaan dengan Retinol, bedanya hanya di warna tema berwarna ungu yang hampir mirip dengan Acne Serum Scarlett, hanya aksen floralnya saja yang berbeda (sama persis dengan Retinol serum karena memang launch barengan).

Packanging terluar terbuat dari kardus karton cukup tebal berisikan detail produk, mulai dari fungsi utama, active ingredients, hingga cara pakainya. Soal keamanan, gak erlu diragukan lagi karena didalamnya juga adapenyangga botol berupa plastik jadi gaakan lari kemana-mana, hihi.

Cek keaslian produk pun sangat dipermudah oleh Scarlett karena akan selalu ada sticker hologram serta QR code di packaging kardus yang bisa kamu scan dan cari tahu hasilnya di website resmi Scarlett Whitening pada link berikut: https://verify.scarlettwhitening.com/

Hanya dengan mengisi beberapa data kamu seperti nama, email, serta nomor unik QR Code, kamu sudah dapat mengecek keaslian produk, dan ini berlaku untuk semua produk Scarlett lho, Babys! Jadi bukan hanya untuk face/skincare products saja.

Serum Scarlett Niacinamide

Packaging botol produk tidak jauh berbeda dengan botol serum Scarlett lainnya, plastik tebal semi-transparan dengan tekstur doff. Namun, yang paling membedakan ialah tutup pipetnya double color putih-ungu, lucu! (karena biasanya hanya putih aja, hihi) 

Warna, Tekstur, dan Wangi

Nah, jika tadi ada sedikit perbedaan pacakging dengan Acne Serum Scarlett, soal warna dan tekstur, serum Niacinamide Scarlett ini mirip banget!

Warnanya bening cenderung keruh namun masih bisa disebut transparan seperti air, meskipun jika kamu lihat dari botol dia agak kekuningan. Dari segi tekstur pun dia watery, ringan, sehingga sangat mudah untuk di-blend, yang menurutku termasuk serum awet karena satu tetes bisa cover banyak bagian wajah.

Serum Scarlett Niacinamide

Wangi dari serum Niacinamide Scarlett ini ada hint chamomile karena memang mengandung chamomile flower extract, dan somehow entah kenapa ada scent segar lemon juga. Tapi, tenang Babys, karena jika kamu lihat daftar lengkap ingredientsnya, doi tidak mengandung fragrance kok! Jadi, buat kamu yang sensitif dengan parfum dalam skincare, masih boleh cobain serum Scarlett Niacinamide ini ya~

Manfaat Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract

Menurut claim, serum ini memiliki beberapa active ingredients seperti Niacinamide, Beta Glucan, 7 Phyto Extract, Allantoin, Creatine, dan Triple Complex Ceramide. Kemudian, dari beragam kandungan tadi, manfaat serum Niacinamide Scarlett, yaitu:

  • Strengthen skin barrier, memperkuat skin barrier.
  • Brighten skin, mencerahkan kulit.
  • Helps improve the look of fine lines, membantu menyamarkan tampilan garis halus.
  • Calms and hydrates dry, red, irritated skin, membantu menenangkan serta melembapkan kulit kering, merah, dan sedang iritasi.
  • Helps tight off free radicals that cause premature aging, membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

 

Masih kepo dan kurang jelas? Yuk, kita langsung breakdown satu persatu manfaat berdasarkan active ingredients serum Scarlett Niacinamide 5% ini!

Niacinamide 5%

  • Membantu memudarkan tampilan hiperpigmentasi
  • Membantu memperbaiki kondisi dasar kulit (skin barrier), memiliki sifat anti peradangan, anti-oksidan, serta memberikan efek mencerahkan pada kulit.
  • Dapat mengontrol produksi minyak pada kulit wajah.

Beta Glucan

  • Mampu membantu meremajakan kulit dengan tanda-tada penuaan kembali.
  • Mencegah kerusakan DNA yang disebabkan radikal bebas dan dapat menyebabkan proses penuaan dini.

7 Phyto Extracts

  • Ekstrak Moringa: Mempercepat proses regenerasi kulit, meratakan tekstur kulit, serta merangsang produksi kolagen.
  • Ekstrak Mugwort: Kaya akan Vitamin E, membantu memberikan kelembapan dan menenangkan kulit yang berjerawat.
  • Ekstrak Chamomile: Menenangkan kulit yang sedang mengalami iritasi, menyamarkan bekas luka dan mengurangi bintik-bintik gelap.
  • Ekstrak Bifida Ferment: Menguatkan pelindung kulit, mencegah kerusakan sel kulit akibat paparan sinar UV.
  • Ekstrak Buah Delima: Kaya akan Vitamin C dan antioksidan, memberikan efek pencerahan dan mengurangi tampilan garis halus pada wajah.
  • Ekstrak Lotus: Berperan sebagai antioksidan yang mampu melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas.
  • Ekstrak Centella Asiatica: Membantu menenangkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

Triple Ceramide Complex

  • Berkontribusi dalam mengunci kelembapan kulit, dan memiliki sifat anti peradangan serta memulihkan skin barrier.

Allantoin

  • Berperan dalam memberikan hidrasi pada kulit, serta mempercepat proses penyembuhan luka.

Tego cosmo C100 (Creatine)

  • Membantu menenangkan serta meghidrasi kulit agar tetap lembap.
  • Mampu meningkatkan produksi kolagen, sehingga dapat menjadi agen anti-aging.

Baca juga: Apa itu Niacinamide? Ini 8 Manfaatnya untuk Kulit!

Ingredients

Setelah mengetahui beberapa manfaat serum Niacinamide Scarlett, berikut daftar lengkap ingredients-nya:

Aqua, Niacinamide, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Artemisia Capillaris Leaf Water, Propanediol, Centella Asiatica Extract, 1,2-Hexanediol, Creatine, Chamomile Recutita (Matricaria) Flower Extract, Moringa Oleifera Leaf Extract, Allantoin, Camellia Sinensis Leaf Extract, Butylene Glycol, Polyacrylate Crosspolymer-6, DMDM Hydantoin, Xanthan Gum, Lavandula Angustifolia Oil, Yeast Ferment Extract, Allium Sativum Bulb Extract, Disodium EDTA, Caprylyl Hydroxamic Acid, Aminomethyl Propanol, Glyceryl Acrylate/​Acrylic Acid Copolymer, Punica Granatum Fruit Extract, Pvm/​Ma Copolymer, Sodium Lauroyl Lactylate, Bifida Ferment Lysate, Nelumbo Nucifera Flower Extract, T-Butyl Alcohol, Sodium Carboxymethyl Beta-Glucan, Potassium Sorbate, Phenoxyethanol, Imidazolidinyl Urea, Ceramide NP, Ceramide AP, Cholesterol, Phytosphingosine, Sorbic Acid, Carbomer, Ethylhexylglycerin, 2-Aminobutanol, Ceramide EOP.

Pemakaian

Seperti biasa, seusai mengetahui dan mengenal lebih dalam serum Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract,  saatnya pembuktian nih apakah yang diklaim doi ini beneran aku rasain ketika memakainya?

Pertama kali oles lalu cobain, bener-bener teksturnya watery sehingga sangat mudah untuk diratakan dan bahkan gak perlu banyak serum seperti yang aku mention diatas, calon-calon serum awet! Hihi.

Serum Scarlett Niacinamide

Setelah diratakan, menurutku pribadi perlu waktu lumayan lama untuk dia benar-benar meresap, and somehow doi masih ninggalin efek kalau kita lagi pake ‘’serum’’. Tapi, tenang aja Babys karena itu gak terlalu menganggu dan jika kamu lebih bersabar lagi doi bakal bener-bener meresap tanpa ninggalin rasa ganjal apapun kok~

So far, untuk klaim manfaat berdasarkan active ingredients, tentunya gak bisa terlihat begitu aja dan memang butuh waktu lama. Untuk aku yang baru cobain beberapa hari, good feel yang serum Scarlett Niacinamide ini berikan adalah menghidrasi kulit sekaligus melembutkan tekstur kulit.

Sekali lagi, disclaimer bahwa ini bukan pertama kalinya aku pakai Niacinamide, maka dari itu di kulitku doi oke-oke aja. Namun, tetap selalu aku sarankan untuk melakukan patch test dulu ya, terutama bagi kamu yang baru mau coba-coba pakai Niacinamide. 

But I will definitely recommend pakai Niacinamide karena manfaatnya banyak banget! Dan so far yang paling aman dibandingkan active ingredients lain. Itulah kenapa serum Niacinamide Scarlett ini juga bisa dipakai setiap hari, di pagi maupun malam hari (dengan catatan kalau kamu cocok ya).

Lalu, jika kulit kamu sudah terbiasa dan mau explore active ingredients lain seperti AHA/BHA, doi ini juga cenderung masih aman untuk layering. Atau, di case-ku sebelumnya itu aku pakai chemical peeling (yang perlu dibilas air), setelahnya aku pakai serum Niacinamide untuk menghidrasi sekaligus bantu menjaga kelembapan kulitku.

Nah, kalau kamu masih awam banget, berikut ada beberapa langkah cara memakai serum Niacinamide Scarlett ala aku dibawah ini ya!

Cara Pakai Serum Niacinamide Scarlett:

  1. Ambil serum, lalu teteskan secukupnya pada 3 bagian wajah, yakni kedua pipi dan dahi.
  2. Oleskan secara merata dan lembut. Sebisa mungkin juga mengikuti arah otot wajah agar menambah efek lifting.
  3. Tap-tap secara perlahan, tunggu 1-3 menit hingga meresap sepenuhnya.
  4. Gunakan pelembab dan/atau rangkaian skincare selanjutnya (misalkan: acne spot treatment)

Baca juga:  [REVIEW] Scarlett Retinol Serum, Beginner & Budget Friendly!

Demikian review serum Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract! Dengan kandungan 5% Niacinamide serta kandngan pelengkap lainnya, serum ini dapat menjadi pilihan brightening and calming serum untuk daily skincare routine kamu.

Secara harga pun termasuk terjangkau karena dengan harga Rp75,000 aja kamu sudah bisa cobain Niacinamide yang misalnya dibandingin dulu, kita harus beli dari brand luar negeri dulu huhu! Gimana? Tertarik buat coba? Langsung aja cek produknya di Scarlett Official Shop, Babys!

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment

Scroll to Top
Daftar Isi Konten