[REVIEW] Scarlett Retinol Serum, Beginner & Budget Friendly!

Bonjour Babys! Kali ini, aku membawa review skincare product dengan kandungan yang sedang populer belakangan ini, yaitu Retinol. Menjadi salah satu turunan Vitamin A, retinol terkenal akan fungsi anti-aging dan beragam manfaat lainnya.

Apakah kamu sudah faimiliar dengan retinol? Jika belum, kamu bisa mampir ke artikel berikut yang membahas lengkap seputar retinol ya, Babys! Nah, apabila kamu tertarik menggunakan bahan aktif tersebut dan masih sangat pemula, Scarlett Rretinol Serum ini bisa menjadi salah satu rekomendasi produknya. Penasaran? Simak artikelnya sampai habis, ya!

Review Scarlett Retinol Serum

First of all, honestly ini bukan pertama kali aku memakai retinol, karena memang kandungan tersebut sudah mulai populer dari beberapa taun silam. Terutama di kalangan orang-orang yang tertarik dengan beauty industry.hi

Review Scarlett Retinol Serum

Namun, karena aku sangat suka dengan produk lokal dan kebetulan sangat cocok dengan Scarlett Acne Serum, jadilah aku penasaran untuk cobain serum terbarunya mereka, yakni Scarlett Retinol Serum dan Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum.

Scarlett juga salah satu produk lokal yang menurutku pribadi perkembangannya pesat dan cukup cepat dalam mengembangkan serta meluncurkan produk baru. And so far, aku cocok-cocok aja dengan produk mereka, hihi. Nah, tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung aja kita review Skin Smoothing Retinol Serum-nya!!

Packaging

Seperti biasanya, packaging terluar serum Scarlett Retinol ini terdapat kardus katon bertemakan floral dengan warna hijau cyan dimana kamu bisa menemukan nama lengkap produk, full ingredients, active ingredients, manfaat utama, cara pakai, dan kode unik keaslian produk berupa barcode (khas-nya Sacrlett banget nih!, hihi)

Retinol Scarlett

Untuk packaging retinol Scarlett sendiri hampir sama dengan serum-serum sebelumnya, dengan netto 15 ml, warna kaca bening buram beserta sticker detail produk khas warna cyan. Tutup pipetnya pun sama, bewarna putih pekat yang sangat mudah digunakan. Karena ukurannya mini, alhasil doi tidak akan makan tempat kalau mau dibawa kemana-mana!

Warna, Tekstur, dan Wangi

Warna dari retinol Scarlett ini putih lumayan pekat dengan intesitas kekentalan yang lumayan dibandingkan Scarlett Acne Serum atau Brightly Ever After serum. Namun, menurutku teksturnya ini masih cukup light dan mudah diratakan kok, Babys!

Retinol Scarlett

Untuk wanginya menurutku tidak berbabu apapun or something weird karena serumScarlett Retinol ini tidak mengandung fragarance dan alkohol. Wah, pastinya lebih aman sih buat kamu yang ada alergi atau ketidakcocokan pada dua bahan tersebut.

Retinol Scarlett

Manfaat Serum Scarlett Retinol

Dari packaging-nya, ada beberapa manfaat yang diklaim bisa kamu dapatkan dari Scarlett Retinol Serum ini, diantaranya:

  • Improves skin smoothness, membantu meningkatkan tingkat kelembutan kulit.
  • Help boost skin brightening, membantu mencerahkan kulit.
  • Promotes collagen production, membantu mendorong produksi kolagen dalam kulit.
  • Reduces multiples sign of aging, membantu mengurangi tanda-tanda penuaan.

Nah, beberapa manfaat utama tadi memang masih selaras dengan kandungan utama pada Scarlett Retinol serum ini, kalau misal kita lebih deep lagi, maka manfaatserum Scarlett Retinol yaitu: 

Retinol

  • Mempercepat proses regenerasi kulit dengan mengangkat sel-sel mati sehingga merangsang tampilan kulit lebih cerah dan lembut.
  • Membantu menyamarkan tampilan pori-pori yang besar.
  • Mendukung peningkatan produksi kolagen dan elastin membuat kulit terasa lebih elastis dan kenyal.
  • Membantu menyamarkan tampilan garis halus serta tanda-tanda penuaan lainnya.

Pomegranate Extract

  • Diperkaya fungsi anti-bacterial, sehingga dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.
  • Dapat mengurangi tanda penuaan kulit.
  • Membantu mendorong proses regenerasi kulit sehingga tampak lebih lembut dan bercahaya.
  • Kaya akan Vitamin C sebagai antioksidan yang meminimalkan dampak merugikan radikal bebas dan efek matahari terhadap kulit.

Hexapeptide-8

  • Meningkatkan tingkat hidrasi kulit
  • Mendorong produksi asam hyaluronic dan kolagen alami dalam kulit
  • Membantu meredakan kulit yang iritasi
  • Membantu memudarkan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus
  • Membantu meremajakan kulit

Allantoin

  • Meningkatkan kelembapan kulit
  • Membantu memperbaiki tekstur kulit agar lebih halus.
  • Membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Vitamin C

  • Vitamin C melindungi kulit dari dampak merusak radikal bebas atau sebagai agen antioksidan.
  • Membantu mencerahkan kulit serta memudarkan flek hitam dengan cara mengurangi hiperpigmentasi.
  • Membantu mencegah produksi kolagen menurun sehinggameminimalisir tampilan tanda-tanda usia.

Baca juga: [REVIEW] Scarlett Whitening: Acne Serum and Brightly Ever After Serum, Cakep Banget!

Ingredients

Setelah mengetahui beberapa manfaat serum Scarlett Retinol berdasarkan kandungan utamanya, berikut daftar lengkap ingredients-nya:

Aqua, Glycerin, Butylene Glycol, Polyacrylate Crosspolymer-6, Pentylene Glycol, Dmdm Hydantoin, BHT, Disodium EDTA, Allantoin, Ascorbyl Glucoside, Hydroxyethylcellulose, Sodium Hydroxide, Aminomethyl Propanol, Retinol, Punica Granatum Fruit Extract, T-Butyl Alcohol, Titanium Dioxide, Cetearyl Alcohol, Sodium Benzoate, Polysorbate 60, Polysorbate 20, Oleth-10, Aluminum Hydroxide, Phenoxyethanol, Triethoxycaprylylsilane, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Acetyl, Hexapeptide-8, BHA, Ethylhexylglycerin, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Acetyl, Hexapeptide-8, BHA, Ethylhexylglycerin, 2-Aminobutanol, Simethicone. 

Pemakaian

Seusai mengetahu dan mengenal lebih dalam Skin Smoothing Retinol Serum Scarlett, saatnya pembuktian nih apakah yang diklaim doi ini beneran aku rasain ketika memakainya?

Untuk fungsi melembabkan dan mencerahkan, I will say yes! Saat pertama kali coba, memang kelihatannya dia cukup thick, namun ternyata ketika diratakan doi ini ringan banget dan sangat mudah meresap! Cocok banget buat kamu yang termasuk kaum sat-set! Hihi.

Setelah meresap pun, retinol Scarlett punya ini juga memberikan tampilan dewy pada kulit sehingga nampak lebih kenyal dan sehat. Apalagi, jika kamu benar-benar mengikuti saran penggunaan dengan memakai pelembab pada step berikutnya.

Ohiya, pemakaian retinol ini hanya disarankan di malam hari saja serta tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui ya, Babys. Nah, kalau masih bingung engan step-by-step pemakaiannya, berikut cara pakai serum Retinol Scarlett ala aku!

Cara Pakai Serum Retinol Scarlett:

  1. Ambil serum, lalu teteskan secukupnya pada 3 bagian wajah, yakni kedua pipi dan dahi.
  2. Oleskan secara merata dan lembut. Sebisa mungkin juga mengikuti arah otot wajah agar menambah efek lifting.
  3. Tap-tap secara perlahan, tunggu 1-3 menit hingga meresap sepenuhnya.
  4. Gunakan pelembab dan/atau rangkaian skincare selanjutnya (misalkan: acne spot treatment)

Bagi kamu yang sudah mengulik-ngulik dan interest untuk pakai retinol, pasti bertanya-tanya nih akan kandungan retinol Scarlett berapa persen, sih? Nah, dari beberapa artikel yang aku baca, kandungan retinol Scarlett ini adalah sebanyak 0,5%, sehingga termasuk sangat gentle serta beginner friendly.

Tips lainnya bagi kamu yang benar-benar pemula lalu ingin coba pakai retinol, coba pemakaiannya 1-2x seminggu dulu setelah patch test ya. Setelah itu, jika tidak ada reaksi negatif apapun dan kamu merasakan manfaatnya, boleh ditingkatkan lagi menjadi 3x seminggu atau bahkan setiap hari tergantung kondisi serta kebutuhan kulitmu ya, Babys.

Pendapatku pribadi, Skin Smoothing Retinol Serum Scarlett ini gentle, beginner-friendly, dan dari segi harga pun cukup terjangkau karena hanya Rp75.000 jika dibandingkan skincare dengan kandungan retinol lainnya yang biasa dibanderol ratusan ribu rupiah.

Scarlett Retinol Serum

Dari pengalaman pemakaianku pun serum ini termasuk hemat karena satu tetes bisa mencakup banyak area jadi kamu hanya perlu 3-4 tetes aja, dan kemungkinan habis lebih dari 1 bulan, hihi. Jadi, budget friendly juga, kan?

Baca juga: Sedang Tren, Apa itu Bakuchiol? Ini 6 Manfaatnya untuk Kulit

Demikian review Scarlett Retinol Serum; Skin Smoothing lengkap dengan list ingredients hingaa manfaat berdasarkan kandungan utamanya. Sebagai skincare anti-aging yang gentle serta budget-friendly, I’d love to recommend this product buat para pemula. Nah, gimana kalau kamu? Tertarik untuk coba juga?

Leave a Comment

Scroll to Top
Daftar Isi Konten