11 Cara Menghilangkan Jerawat Punggung yang Ampuh dan Mudah!

Bonjour Babys! Salah satu permasalah pada kulit serta kerap dianggap menganggu adalah jerawat, terutama pada area yang memiliki banyak folikel rambut dan kelenjar minyak seperti punggung. Lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat punggung?

Supaya lebih memahami permasalahan jerawat punggung ini, akan lebih baik jika kamu juga mengetahui definisi, penyebab, dan cara mengatasinya jika menggunakan obat. Maka dari itu, simak artikel ini sampoai habis ya, Babys!

Apa itu Jerawat Punggung?

cara mengatasi jerawat punggung

Back acne atau jerawat punggung adalah jerawat yang muncul pada area punggung berupa benjolan merah, penumpukan komedo, maupun whiteheads. Meskipun berada di punggung, banyak orang merasa terganggu karena menyakitkan dan tidak enak dipandang.

Jerawat punggung ini termasuk kista lunak besar sehingga dikategorikan sebagai jenis jerawat cukup parah. Menurut American Academy of Dermatology, salah satu faktor penyebab utama berkembangnya back acne adalah karena mengonsumsi karbohidrat yang berpotensi meningkatkan tingkat gula darah dan menimbulkan jerawat.

Penyebab Jerawat Punggung

penyebab jerawat punggung

Selain karena mengonsumsi karbohidrat dengan kandungan glikemik tinggi, penyebab jerawat punggung juga bisa dikarenakan beberapa faktor berikut:

Genetik

Penyebab jerawat punggung yang pertama datang dari faktor genetik. Misalnya, jika ada keluarga terdekat kamu seperti orang tua memiliki jenis kulit berminyak maka kemungkinunan muncul permaslaahan serupa yaitu jerawat punggung jadi lebih tinggi.

Hormon

Selain genetik maupun riwayat keluarga, ketidakseimbangan hormon ketika masa pertumbuhan, pubertas, atau saat menstruasi juga bisa lebih mungkin mengalami jerawat punggung karena kadar hormon yang berubah-ubah.

Obat-obatan

Dilansir dari Orami, menurut jurnal ilmiah pada British Medical Journal, akibat mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti kortikosteroid dapat menjadi penyebab jerawat punggung maupun memperburuk keadaannya.

Gesekan

Penyebab jerawat punggung selanjutnya adalah karena gesekan antara kulit dengan beberapa hal seperti baju, tas, peralatan olahraga, dan sebagainya. Meskipun terlihat sepele, nyatanya gesekan benda asing ketika kulit dalam keadaan berkeringat dapat menimbulkan bahkan memperburuk back acne.

Pakaian

Pemilihan jenis pakaian yang kurang baik juga dapat menjadi penyebab jerawat punggung, seperti pakaian ketat, tidak dapat menyerap keringat dengan baik, maupun berbahan sintetis seperti nylon atau polyester.

Tempat Tidur Kurang Bersih

Penyebab jerawat punggung terakhir bisa saja datang akibat kamu tidak rajin mengganti sprei tempat tidur. Hal tersebut karena kotoran atau sisa minyak dari kulit atau rambut menempel pada sprei dan bisa menimbulkan tumpukan bakteri disana.

Cara Menghilangkan Jerawat Punggung

cara menghilangkan jerawat punggung

Jika sudah mulai terganggu dengan adanya jerawat punggung, kamu bisa coba beberapa cara mengobati jerawat ounggung dibawah ini:

Kenakan Pakaian yang Menyerap Keringat dan Longgar

Salah satu cara menghilangkan jerawat punggung adalah memakai pakaian longgar serta dapat menyerap keringat dengan baik, seperti pakaian dari bahan katun atau spandek akan lebih baik daripada pakaian berbahan sintetis seperti poliester atau nylon, yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. 

Selain itu, pakaian longgar akan memberikan ruang cukup untuk kulit bernapas dan tidak terlalu ketat pada tubuh, sehingga mengurangi risiko terjadinya jerawat punggung.

Jaga Kebersihan Tubuh

Menjaga kebersihan tubuh merupakan salah satu langkah penting untuk mengatasi jerawat punggung. Sebaiknya mandi setelah olahraga atau aktivitas fisik hingga membuat kamu berkeringat, karena dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Kamu juga bisa menggunakan sabun yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia berlebih.

Hindari Makanan Tinggi Indeks Glikemik

Makanan tinggi indeks glikemik, seperti roti, nasi, dan makanan yang diproses, dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin dalam tubuh. Ini dapat menyebabkan peradangan pada kulit dan menjadi penyebab jerawat punggung. Sebaiknya hindari atau batasi konsumsi makanan tinggi indeks glikemik ya Babys!

Rutin Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah proses menghilangkan sel kulit mati pada permukaan kulit. Sel kulit mati yang menumpuk itu dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, rutin melakukan eksfoliasi dapat membantu menghilangkan sel kulit mati serta mencegah timbulnya jerawat punggung

Baca juga: [REVIEW] Scarlett Whitening Coffee Body Scrub and Brightening Shower Scrub: Varian Baru!

Rutin Mengganti Sprei

Cara mengatasi jerawat punggung selanjutnya adalah rutin mengganti sprei. Sprei yang tidak diganti secara teratur dapat menjadi sumber infeksi bakteri dan menyebabkan jerawat punggung.

Mandi Setelah Olahraga

Seperti penjelasan sebelumya, cara mengatasi jerawat punggung yang efektif adalah dengan menjaga kebersihan tubuh, salah satunya yaitu mandi setelah olahraga. Kamu juga bisa mandi menggunakan air hangat untuk membantu melepaskan tumpukan keringat dan minyak di punggung.

Kuncir Rambut Kamu

Meskipun terdengar sepele, nyatanya dengan menguncir rambut kamu ketika mengenakan pakaian yang sedikit terbuka pada bagian punggung dapat mencegah timbulnya back acne lho, Babys!

Cara Mengatasi Jerawat Punggung dengan Obat

Selain menggunakan cara-cara alami, kamu juga bisa menggunakan sabun jerawat punggung maupun obat dengan kandungan tertentu untuk mengobati jerawat punggung, diantaranya sebagai berikut:

Asam Salisilat

Obat pertama untuk menghilangkan jerawat punggung yang cukup familiar di kalangan awam adalah asam salisilat. Memiliki fungsi anti-infamasi, asam salisilat biasanya diresepkan dokter guna mengurangi peradangan serta membuka pori-pori tersumbat.

Benzoil Peroksida

Kandungan kedua yang biasa diresepkan untuk mengobati jerawat punggung adalah benzoil peroksida, berfungsi membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengelupas sel kulit mati.

Antibiotik

Pada kasus tertentu, jika masalah jerawat punggung kamu cukup parah, dokter akan meresepkan antibiotik untuk mengurangi peradangan dan membasmi bakteri yang ada didalamnya.

Retinoid

Kandungan terakhir yang dapat mengobati jerawat punggung adalah tretinoin atau isotretinoin pada krim retinoid, berfungsi untuk membantu membuka dan mengatasi pori-pori tersumbat.

Baca juga: [REVIEW] Purbasari Lulur Mandi Bengkoang Double Brightening: Murah Abis!

Demikian artikel mengenai Cara Mengatasi Jerawat Punggung yang Ampuh dan Mudah, bisa dengan beragam cara alami atau bantuan obat. Pada intinya, back acne bisa saja dicegah melalui gaya hidup sehat dan selalu menjaga kebersihan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mengalami back acne dan semoga cepat sembuh ya, Babys!

Leave a Comment

Scroll to Top
Daftar Isi Konten