8+ Manfaat Minyak Urang Aring dan Cara Pakai yang Benar

Bonjour Babys! Seiring perkembangan jaman, perawatan rambut juga ikut berkembang dibuktikan dengan adanya banyak produk hair care mulai dari hair vitamin, hair mask, dan tak terkecuali minyak urang aring.

Meskipun termasuk metode tradisional, nyatanya sampai saat ini masih cukup banyak orang yang menggunakan minyak urang aring jadul untuk perawatan rambut mereka karena mempunyai berbagai manfaat.

Lalu, apa saja sih manfaat minyak urang aring untuk rambut? Yuk simak terus artikel ini!

Kandungan Minyak Urang Aring

manfaat minyak urang aring

Dikenal akan banyaknya manfaat minyak urang aring untuk rambut maupun tubuh, tumbuhan urang aring kaya akan kandungan vitamin E & D. Kandungan lainnya yang dapat membantu menjaga kesehatan serta kesuburan batang rambut seperti kalsium, magnesium, dan zat besi juga termasuk didalamnya.

Manfaat Minyak Urang Aring untuk Rambut

Manfaat Minyak Urang Aring untuk Rambut

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 7 manfaat minyak urang aring untuk rambut yang telah kita rangkum:

Membantu Mengurangi Ketombe

Fungsi minyak urang aring yang pertama adalah membantu mengurangi ketombe karena kandungannya bersifat anti jamur dan anti mikroba. Selain itu, urang aring juga bersifat anti radang sehingga dapat membantu mengatasi psoriasis maupun iritasi kulit kepala lainnya. 

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Penggunaan minyak urang aring terbukti dapat meningkatkan produksi folikel rambut menurut penelitian dalam jurnal Archives of Dermatological Research. Selain itu, hasil penelitian tersebut juga menyatakan bahwa urang aring dianggap lebih efektif dibandingkan minoksidil untuk pencegahan rambut rontok.

Mengatasi Terhambatnya Pertumbuhan Rambut

Selain terbukti meningkatkan produksi folikel rambut, pada studi tersebut juga menemukan fakta bahwa kandungan E pada urang aring berfungsi untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan terhambatnya pertumbuhan rambut. 

Baca juga: [REVIEW] Natur Hair Vitamin Ginseng: Vitamin Rambut Rontok!

Membantu Meredakan Radang pada Kulit

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, manfaat minyak urang aring dipercaya dapat membantu meredakan peradangan pada kulit karena sifat anti radangnya. Jika digunakan secara benar dan rutin, minyak urang aring juga bisa mengatasi peradangan kulit lain seperti dermatitis, psoriasis, hingga beberapa jenis jerawat.

Menghitamkan Warna Rambut

Manfaat minyak urang aring untuk rambut yang sudah terkenal dari dulu adalah menghitamkan warna rambut dan membuatnya lebih berkilau. Selain itu, harga minyak urang aring jadul juga sangat murah sehingga banyak orang menggunakannya.

Memperlambat Munculnya Uban

Manfaat minyak urang aring untuk rambut selanjutnya adalah memperlambat muncul atau tumbuhnya uban karena fungsinya yang dapat menghitamkan atau menggelapkan warna rambut. Hal tersebut karena selain karena genetik, munculnya uban bisa juga dikarenakan kurangnya pigmen melanin pada rambut.

Membantu Mengatasi Rambut Bercabang

Selain menyuburkan rambut, fungsi minyak urang aring lainnya yang bisa kamu rasakan adalah membantu mengatasi rambut bercabang. Kamu bisa menggunakannya bersamaan dengan minyak pelarut seperti minyak zaitun atau kelapa.

Membantu Menenangkan Pikiran

Kandungan magnesium padai minyak urang aring dapat kamu manfaatkan untuk membantu menenangkan pikiran. Selain itu, magnesium juga dikenal dapat memperbaiki suasana hati dan meningkatkan kualitas tidur.

Cara Pakai Minyak Urang Aring

cara pakai minyak urang aring

Supaya bisa mendapat semua manfaat minyak urang aring diatas, tentunya perlu tahu nih cara pakai minyak urang aring dengan benar. 

Pertama, kamu bisa langsung mengoleskan minyak urang aring dari pangkal hingga ujung rambut. Setelah itu kamu bisa membungkusnya dengan handuk yang telah dibasahi air hangat dan diamkan selama satu jam sebelum membilasnya menggunakan shampoo.

Jika masih terasa berminyak, kamu bisa membilasnya menggunakan shampoo lagi sampai terasa bersih. Cara lainnya adalah langsung mencampurkan shampoo dengan minyak urang aring.

Kedua, kamu bisa menggunakan campuran 1 sendok teh  minyak urang aring dan 2 sendok teh minyak kelapa lalu oleskan ke rambut seraya dipijat. Bilas dengan shampoo sesudah didiamkan selama 30-60 menit.

Adakah Efek Samping Memakai Minyak Urang Aring?

manfaat minyak urang aring untuk rambut

Hingga saat ini, belum ditemukan efek samping berbahaya akibat pemakaian minyak urang aring. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mengetesnya terlebih dahulu pada kulit lengan/kaki terlebih dulu. Jika setelah didiamkan selama 30 menit tidak menimbulkan reaksi alergi atau negatif apapun, kamu bisa menggunakan minyak tersebut.

Baca juga: [REVIEW] Scarlett Shampoo and Conditioner Yordanian Sea: Anti Rambut Lepek!

Nah, itu dia penjelasan mengenai 8 Manfaat Minyak Urang Aring untuk Rambut hingga cara pemakaiannya yang benar. Meskipun jadul, jika dilihat dari harga dan kandungannya, minyak urang aring masih dapat menjadi pilihan kamu untuk rangkaian hair care nih, Babys!

Gimana? Tertarik untuk mencobanya sendiri? Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Leave a Comment

Scroll to Top
Daftar Isi Konten