[DOWNLOAD] Sapiens Riwayat Singkat Umat Manusia PDF – Yuval Harari

Bonjour Mates! Buku sejarah sepertinya bukanlah sesuatu yang terdengar menarik untuk dibaca ataupun disimak bukan? Namun, tak kalah dari buku fiksi atau self-development lainnya, buku Sapiens Yuval Harari soal sejarah singkat umat manusia ini menarik sekali untuk dibaca lho!

Bahkan, mantan presiden Barack Obama pun berkomentar bahwa Sapiens – Yuval Noah Harari ini menarik dan provokatif untuk dibaca karena memberikan pandangan “segar” tentang bagaimana kita memaknai sejarah perkembangan manusia di Bumi.

Nah, supaya tidak penasaran lagi, yuk langsung saja kita review Sapiens – Yuval Noah Harari ini!

Sinopsis Buku Sapiens

download buku sapiens pdf

Berfokus pada Homo sapiens, buku ini mencatat sejarah manusia dari Zaman Batu hingga abad ke-21. Selama 2,5 juta tahun, berbagai  manusia telah hidup dan mati di Bumi, dan  akhirnya hanya ada satu spesies, yaitu Homo sapiens. 

Homo sapiens adalah orang bijak berusia ratusan ribu tahun. Tetapi, spesies ini telah menyebar ke seluruh dunia, dapat berkembang biak hingga 7 miliar individu, dan sekarang menjadi kekuatan alam yang dapat mengubah kondisi di Bumi. Lantas apa penyebabnya? 

Sapiens membahas aspek-aspek evolusi manusia yang tak terhitung dalam sebagian besar buku sejarah atau lainnya. Begitulah cara manusia beralih dari satu spesies hewan menjadi makhluk beradab melalui tiga revolusi: kognitif, pertanian, dan ilmiah. 

Buku ini mengajak kita untuk mengeksplorasi peran bahasa, pertanian,  gosip, hingga fiksi dalam kesuksesan manusia, dan pentingnya kesejahteraan manusia serta akhir dari sejarah manusia.

Baca juga: [DOWNLOAD] Buku Start With WHY Indonesia PDF – Simon Sinek

Review Buku Sapiens

Awal mula aku membeli buku Sapiens Yuval Harari adalah karena banyak review yang mengatakan kalau Yuval memberikan sudut pandang baru perihal bagaimana cerita atau sejarah umat manusia selama ini.

Dan benar saja, pada awal-awal bahasannya saja sudah ada banyak sekali informasi dan insight baru soal riwayat umat manusia disertai pandangan “unik” Yuval yang diceritakan secara jelas dan mudah dipahami, bahkan terkesan agak “nyentrik” dan lucu.

Yuval juga cukup berhasil membuat para pembaca buku Sapiens ini untuk terpikat dan bertanya-tanya hingga muncul pikiran seperti “benar juga ya” ketika dia menceritakan ulang suatu sejarah dalam sudut pandangnya sendiri.

Namun, meskipun Sapiens – Yuval Noah Harari ini adalah buku sejarah yang unik dan mudah dipahami, rasanya buku ini juga seakan menuntut pembacanya untuk bersikap serta berpikiran se-terbuka mungkin agar tetap bisa menikmatinya.

Di beberapa bagian juga aku menemukan apa yang aku percayai selama ini agak sedikit bertabrakan dengan argumen sang penulis, sehingga terasa sedikit “berat” untuk benar-benar memahami sudut pandang milik Yuval Harari tersebut.

Download Buku Sapiens PDF

Nah, setelah membaca ringkasan dan review buku Sapiens secara singkat diatas, bagi kamu yang penasaran dan ingin membacanya secara langsung bisa klik link download buku Sapiens Riwayat Singkat Umat Manusia PDF dibawah ini ya, Mates!

Demikian review Buku Sapiens Riwayat Singkat Umat Manusia PDF karya Yuval Harari! Jika kamu adalah seseorang yang suka menemukan insight atau sudut pandang baru mengenai sejarah, rasanya buku ini akan cocok banget untuk masuk reading list kamu, Mates!

Selamat membaca dan semoga bermanfaat ya!

Leave a Comment

Scroll to Top
Daftar Isi Konten