[DONWLOAD] Novel Maryamah Karpov pdf – Andrea Hirata

download maryamah karpov pdf

 Bonjour Mates!—Apakah kamu salah satu penggemar kisah Laskar Pelangi? Kalau iya, maka novel Maryamah Karpov ini harus ada di reading list kamu sebagai kisah akhir dari Tetralogi Laskar Pleangi karya Andrea Hirata!

maryamah karpov pdf

 

Nah, penasaran bagaimana kisah Ikal setelah menyelesaikan studinya di Perancis seperti yang ada di buku Edensor? Yuk, simak review sekilasnya dibawah ini!

Sinopsis Maryamah Karpov

“Jika dulu aku tak menegakkan sumpah untuk sekolah setinggi-tingginya demi martabat ayahku, aku dapat melihat diriku dengan terang sore ini: sedang berdiri dengan tubuh hitam kumal, yang kelihatan hanya mataku, memegang sekop menghadap gunungan timah, mengumpulkan napas, menghela tenaga, mencedokinya dari pukul delapan pagi sampai magrib, menggantikan tugas ayahku, yang dulu menggantikan tugas ayahnya.

Aku menolak semua itu! Aku menolak perlakuan buruk nasib kepada ayahku dan kepada kaumku. Kini Tuhan telah memeluk mimpiku. Atas nama harkat kaumku, martabat ayahku, kurasakan dalam aliran darahku saat nasib membuktikan sifatnya yang hakiki bahwa ia akan memihak kepada pemberani.”

Keberanian dan keteguhan hati telah membawa Ikal pada banyak tempat dan peristiwa. Sudut-sudut dunia telah dia kunjungi demi menemukan A Ling. Apa pun Ikal lakukan demi perempuan itu. Keberaniannya ditantang ketika tanda-tanda keberadaan A Ling tampak. Dia tetap mencari, meski tanda-tanda itu masih samar. Dapatkah keduanya bertemu kembali?

Ringkasan Novel Maryamah Karpov

Novel Maryamah Karpov ini terbit pada tahun 2008 silam, menceritakan kelanjutan dari kisah perjalan Ikal setelah merampungkan studinya di Perancis dan kembali ke kampung halamannya, Pulau Belitong.

Sedikit berbeda dengan novel-novel sebelumya, Andrea Hirata di novel ini lebih menggambarkan secara detail bagaimana suasana Belitong beserta keunikan para warganya. Salah satunya adalah  kebiasaan warga setempat memberikan julukan nama berdasarkan profesi, ciri fisik, atau sifat seseorang.

Namun, fokus cerita dari novel ini adalah lanjutan dari perjuangan Ikal dalam menemukan cinta pertamanya, A Ling. Ia seakan ‘menggila’ dan sangat terobsesi dalam pencarian cintanya hingga bertekad membuat perahu sendiri untuk menyebrang hingga Singapura, yang dipercayainya jika A Ling berada disana.

Dan, apakah perkiraan Ikal benar dan ia segera menemukan A Ling? Kamu bisa langsung membaca kelanjutannya di link download Novel Maryamah Karpov pdf dibawah ini ya Mates!

Membaca novel ini seolah-olah kita diajak langsung mengikuti perjalanan pencarian cinta Ikal yang satu persatu temuan-temuannya seakan  mendekatkannya pada dimana A Ling berada. Ikut deg-degan juga nih, Mates! Hihi.

Rahasia… Kuberi tahu satu rahasia padamu, Kawan. Buah paling manis dari berani bermimpi adalah kejadian-kejadian menakjubkan dalam perjalanan menggapainya.

Baca juga: [DOWNLOAD] Edensor – Andrea Hirata.pdf: Mimpi, Cinta, Keliling Eropa, Lengkap!

Nah, itu dia sekilas review beserta link download Novel Maryamah Karpov pdf karya Andrea Hirata. Mungkin masih ada yang bertanya-tanya nih, “terus judul Maryamah Karpov ini nyambungnya darimana?”, nah jawaban itu juga akan kamu temukan setelah membaca novelnya ya Mates! Hihi.

Jujur, aku juga gak begitu kenapa bang Andrea mengangkat Maryamah Karpov: Mimpi-mimpi Lintang menjadi judul dari akhir Tetralogi Laskar Pelangi ini karena kemunculannya pun tidak begitu banyak, tapi buku ini tetap sebuah karya luar biasa walaupun masih berharap tidak berakhir begitu saja.

Semoga bermanfaat dan happy reading Mates!

All regards and love, see you when I see you!

Leave a Comment

Scroll to Top
Daftar Isi Konten