[DONWLOAD] Novel Laut Bercerita pdf – Leila S. Chudori

 Bonjour Mates!—Kali ini kita akan sedikit review tentang buku fiksi yang baru-baru ini jadi perbincangan banyak orang nih! Yup, novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori, seorang penulis sekaligus wartawan majalah Tempo.

Laut Bercerita

Buku Laut Bercerita ini merupakan buku historical fiction yang akan mengajak kamu bernostalgia ke tahun 1990 hingga 2000-an, terutama ketika Indonesia sedang berada pada era reformasi dan krisis 1998. Fokus cerita ini juga melihat dari sudut pandang aktivis mahasiswa kala itu.

 

Novel yang membutuhkan waktu selama lima tahun untuk rampung ini juga sudah diangkat menjadi film pendek hasil garapan Pritagita Arianegara. Wah, kelihatannya menarik sekali ya Mates?

Novel Laut Bercerita ini terbit pada 2017 lalu, mengangkat sebuah kisah tak biasa mengenai kejadian tahun 1998 dan dijadikan sebuah fiksi. Namun, Leila S. Chudori mengatakan bahwa meskipun novel ini termasuk fiksi, namun tetap berdasarkan fakta yang ada.

Oleh karena itu, penyelesaian novel ini cukup lama karena sang penulis memerlukan berbagai pendalaman baik mulai dari karakter tokoh, tempat, serta peristiwanya. Ia juga melakukan riset dan wawancara langsung terhadap pihak terkait, seperti korban yang selamat ataupun para kerabat korban.

Buku Laut Bercerita ini seakan mengajak kita untuk menolak lupa akan betapa kacau dan kejamnya peristiwa pada tahun 1998 tersebut, dimana penculikan dan kehilangan paksa sering terjadi “begitu saja” kala itu.

Sinopsis Laut Bercerita

 

Jakarta, Maret 1998

Di sebuah senja, di sebuah rumah susun di Jakarta, mahasiswa bernama Biru Laut disergap empat lelaki tak dikenal. Bersama kawan-kawannya, Daniel Tumbuan, Sunu Dyantoro, Alex Perazon, dia dibawa ke sebuah tempat yang tak dikenal. Berbulan-bulan mereka disekap, diinterogasi, dipukul, ditendang, digantung, dan disetrum agar bersedia menjawab satu pertanyaan penting: siapakah yang berdiri di balik gerakan aktivis dan mahasiswa saat itu.

Jakarta, Juni 1998

Keluarga Arya Wibisono, seperti biasa, pada hari Minggu Sore memasak bersama, menyediakan makanan kesukaan Biru Laut. Sang ayah akan meletakkan satu piring untuk dirinya, satu piring untuk sang ibu, satu piring untuk Biru Laut, dan satu piring untuk si bungsu Asmara Jati. Mereka duduk menanti dan menanti. Tapi Biru Laut tak kunjung muncul.

Jakarta, 2000

Asmara Jati, adik Biru Laut, beserta Tim Komisi Orang Hilang yang dipimpin Aswin Pradana mencoba mencari jejak mereka yang hilang serta merekam dan mempelajari testimoni mereka yang kembali. Anjani, kekasih Laut, para orangtua dan istri aktivis yang hilang menuntut kejelasan tentang anggota keluarga mereka. Sementara Biru Laut, dari dasar laut yang sunyi bercerita kepada kita, kepada dunia tentang apa yang terjadi pada dirinya dan kawan-kawannya.

Laut Bercerita, novel terbaru Leila S. Chudori, bertutur tentang kisah keluarga yang kehilangan, sekumpulan sahabat yang merasakan kekosongan di dada, sekelompok orang yang gemar menyiksa dan lancar berkhianat, sejumlah keluarga yang mencari kejelasan makam anaknya, dan tentang cinta yang tak akan luntur.

Ringkasan Buku Laut Bercerita

 

Setidaknya, terdapat dua bagian besar dalam buku ini, pertama adalah menceritakan kisah dari sudut pandang Laut Biru yang menjadi salah satu aktivis kampus dan misteri menghilangnya beserta teman-temannya.

Kedua, kisah dari sudut pandang Asmara Jati, adik dari Laut Biru yang berusaha menyelidiki misteri kasus kakaknya dan menemukan siapakah dalang atas pengkhianatan dan penghilangan paksa tersebut. Akankah Asmara berhasil memecahkan perkara tersebut?

Kamu bisa membaca keseluruhan ceritanya dengan mengunduh Laut Bercerita pdf pada link dibawah ini ya Mates!

 

Baca juga: [DOWNLOAD] Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas by Eka Kurniawan.pdf: Mencari Makna Hidup Lewat Aksi dan Komedi Tragis

Nah, itu dia Mates sekilas review novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. Buat kamu yang ingin tahu sisi lain dari sejarah krisis 1998, buku ini bisa menjadi pilihan sebab sang penulis mengemas sejarah dan fakta menjadi sebuah fiksi yang “hidup”.

Setelah Laut Bercerita pdf, kamu mau buku apalagi nih Mates? Tulis di kolom komentar dibawah ya!

Semoga bermanfaat dan happy reading Mates!

All regards and love, see you when I see you!

Leave a Comment

Scroll to Top
Daftar Isi Konten