6+ Makanan Detoks yang Bantu Tubuhmu Keluarkan Racun! Tertarik Coba?

Bonjour Babys!
Siapa nih yang masih bermasalah dengan berat badan atau gangguan pencernaan? Bisa jadi hal itu disebabkan karena racun atau sisa-sisa makanan yang sudah gak terpakai, masih ‘nyaman’ di tubuh kamu Babys!
Walaupun sebenernya, tubuh kita ini sudah terancang sedemikian rupa untuk bisa men-detoks atau mengeluarkan zat-zat sisa sekaligus racun yang gak dibutuhin tubuh, namun karena satu dan banyak hal, tubuh bisa jadi kesulitan untuk mengeluarkannya secara optimal.
Tapi, tenang aja Babys! Ternyata ada serangkaian makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi untuk membantu tubuh kamu men-detoks atau membersihkan racun dan zat sisa yang ‘numpuk’.
Apa aja sih makanan detoks-nya?

1. Matcha

Pasti udah gak asing lagi dong dengan si Ijo yang enak ini? Yup, karena rasanya yang enak, Matcha ini jadi populer banget dan jadi favorit banyak orang. Selain itu, ternyata Matcha ini bisa membantu kamu mengatasi lemak yang menumpuk di tubuh lho!
Karena doi ini mengandung senyawa EGCG alias Epigallocatechin yang bertugas menjadikan lemak sebagai energi melalui proses thermogenesis.Ini juga bisa membantu kamu menurunkan berat badan lho!
Nah, untuk membantu proses detoksifikasi, kandungan klorofil yang tinggi pada Matcha ini yang berperan aktif untuk membantu membersihkan zat racun yang tersembunyi dalam hati.

2. Teh Hijau

Hayo, siapa disini yang pernah mengira kalau Teh Hijau ini sama aja kayak Matcha?
Nyatanya, mereka ini berbeda lho Babys! Meskipun memang dari jenis tanaman yang sama, tapi kandungan konsentrasi zat antioksidan dan kafein yang lebih rendah dari Matcha.
Walaupun begitu, Teh Hijau ini masih ampuh untuk membantu proses detoksifikasi karea punya efek diuretik dari si zat antioksidan dan kafein-nya. Hal ini yang akan membantu mempercepat pembentukan urin untuk mengeluarkan zat sisa dalam tubuh kamu.

3. Buah Bit

Si Merah yang cantik ini ternyata termasuk makanan detoks lho Babys!
Buah bit ini punya beragam kandungan seperti vitamin E, asam fenolik, karoten, dan betalain yang merupakan jenis antioksidan yang dapat membantu, memperbaiki, serta regenerasi sel-sel hati. Doi ini juga menghasilkan senyawa asam nitrat yang dipercaya dapat membersihkan darah dalam tubuh kamu karena meningkatkan aliran darah keseluruh tubuh Babys.
Wah banyak banget kan khasiat Buah Bit ini?

4. Rumput Laut

Penyuka makanan Jepang pasti udah familiar dengan rumput laut ini ya kan? Ternyata, selain rasanya yang enak dan gurih, rumput laut ini juga punya beragam senyawa antioksidan tinggi yang bisa bantu detoksifikasi tubuh lho Babys!
Salah satunya yakni senyawa polifenol dan fucoxanthin. Hampir sama kayak teh hijau, doi ini juga punya efek diuretik yang akan membantu membuang zat sisa seperti garam dan air melalui urine.

5. Nanas

Si kuning yang manis dan segar ini sangat bisa untuk jadi pilihan kamu sewaktu ingin detoks nih Babys!
Selain kandungan vitamin C-nya, Nanas ini juga terkenal dengan enzim bromelain-nya yang bagus buat pencernaan kamu. Hal ini dikarenakan si bromelain bekerja baik untuk meredakan masalah sekaligus melancarkan proses pencernaan. Juga, membantu membersihkan usus besar kamu Babys.
Jadi selain dapat rasanya yang enak, kamu juga dapat banyak manfaat dari Nanas ini Babys!

6. Sayuran Hijau

Daritadi sudah ngomongin yang enak-enak ya? Kalau yang terakhir ini, yakin deh masih banyak yang ngehindarin doi! Hihi
Yup, sayuran hijau. Padahal, dengan mengkonsumsi sayuran ini kamu dapat banyak manfaat lho Babys, termasuk dalam proses detoksifikasi atau pembuangan zat sisa dan racun dalam tubuh.
Menurut pendiri Ancient Nutrition, Josh Axe, dengan mengkombinasikan beragam rasa seperti manis, asam, asin, dan pahit, hati bisa bekerja lebih optimal dalam mendetoks racun.
Jadi kamu bisa mengambil rasa pahit dan asam dari kombinasi sayuran hijau dalam makanan sehari-hari kamu ya Babys!
Nah gimana nih? Sudah ada pandangan mau rutin mengkonsumsi apa untuk detoks tubuh?

Semoga bermanfaat ya,
All regards and love, see you when I see you Babys!💛

Leave a Comment

Scroll to Top
Daftar Isi Konten